Langsung ke konten utama

when i rummaged for a certification

EJS Stories: Sumut Pos

"I think there should be a good balance between being a good student and being able to enjoy your high school life." 
- Vanessa Minnillo

Bukan cuma Miichan, tapi Miichan lihat teman-teman seperjuangan ngeblog yang lain juga dibuat "keteter" oleh sekolah. Wajar. Miichan juga gitu. Namun, yang penting sebenarnya, yaitu "apakah "keteter"an yang diakibatkan sekolah bermanfaat untuk kita?"

Percuma kalau kita babak belur ngerjain tugas atau ikut event-event, tapi kita pun tidak bisa mengambil "sesuatu". 

Kalau Miichan, sambil berusaha memetik pengajaran yang terselubung, selalu mencoba menikmati apa yang membuat Miichan "keteter"an, meski kadang-kadang ngeluh sendiri pengen nangis. Salah satunya, kegiatan ekstrakulikuler--meskipun tidak se-"menantang" pekerjaan rumah.

*lambaikan tangan pada PR fisika*

EJS SMAN 1 Medan
https://twitter.com/ejs_smansa

EJS. Ekstrakulikuler Jurnalistik dan Sastra. Spesial milik sekolah Miichan, SMANSA Medan.

Jumat kemarin, 19 Agustus 2016, selepas lomba speech, Miichan ngebut ke sekolah sambil nangis di jalan karena pidatonya mengeewakan. Setelah kegiatan keputrian, atas nama EJS, Miichan ikut bersama teman-teman menuju kantor pusat Sumut Pos.

via Google Maps


Kami sampai sekitar pukul setengah tiga, lalu diboyong ke (sepertinya) ruang rapat di lantai tiga. Miichan mengambil tempat duduk di antara guru pembimbing dan teman dekat Miichan, kemudian terperangah sendiri melihat seisi ruangan.

Padahal Miichan belum puas mengamati seisi ruangan, tapi dua orang dari pihak Sumut Pos keburu masuk. Yang satu adalah seorang redaktur sekaligus penanggung jawab halaman, sedangkan yang satu lagi adalah fotografer. Meski demikian, keduanya sama-sama jurnalis.

taken by Alya Faradilla 

Kami menghabiskan waktu di sana nggak lama-lama. Mentok-mentok juga satu jam. Namun, bagi Miichan sendiri, banyak sekali yang bisa dipelajari ketika berkunjung di sana.

Yang paling ditekankan, bahwa Indonesia sangat rendah dalam minat baca, juga dalam pendidikan. Usia saja yang sudah 71, tapi entah berapa puluh tahun lagi harus menunggu Indonesia menjadi negara maju. Bergantung pada generasi muda saat ini--termasuk Miichan.

:')

Berbicara soal pendidikan, berkaitan juga dengan kepintaran atau anything else that is similiar to. Kakak yang bernama Juli tersebut berkata bahwa pintar adalah syarat mutlak untuk jurnalis , titik.

Dan itu masuk akal juga menurut Miichan.

Harus cepat tanggap, mampu mengambil keputusan dalam waktu singkat, siap meninggalkan waktu istirahat untuk menyelesaikan sebuah berita agar tidak ketinggalan.. Intinya, pintar dalam bertindak. Artinya, wajib pintar dalam berpikir juga. Itulah mereka yang berprofesi sebagai jurnalis.

Perlu ditandai. Profesi, Bukan pekerjaan. Kak Juli sempat menjelaskan di antara keduanya.

"Kalau pekerjaan, kamu akan diminta untuk bekerja pada waktu yang ditentukan. Tapi kalau sudah menyandang sebuah profesi, kamu harus bersedia 24 jam untuk turun ke lapangan demi melaksanakan tugas,"

Reporter, misalnya. Dokter, tak jauh beda. Guru, Miichan rasa bisa juga kalau dia sungguh-sungguh mengabdi demi pendidikan bangsa. Contohnya Miichan tujuh tahun dari sekarang.


.

.

Dan menjelang akhir pertemuan, kami dikenalkan dengan yang namanya Zetizen, sebuah rubrik di Sumut Pos sebagai wadah para remaja. Remaja yang dimaksudkan di sini adalah manusia-manusia yang berusia 13 sampai 20 tahun.

Sumut Pos sangat peduli terhadap perkembangan remaja. Kreativitas pemuda-pemudi penerus langkah Indonesia ini, menurut Sumut Pos, tidak boleh dipendam-pendam. Sayangnya, sulit sekali menemukan sarana yang layak bagi remaja untuk menyalurkan kemampuan-kemampuannya.

Oleh sebab itulah, Zetizen dibentuk.

Zetizen juga memiliki situs di internet. Jadi, bagi kamu yang demen banget berduaan sama gadget dan umurnya berada dalam rentang tersebut, bisa kunjungi zetizen.com. Miichan rasa, nggak zaman lagi menjelaskan "Zetizen adalah ... " "Di dalamnya terdapat ... "

No.

Cukup buka dan rasakan sendiri sensasinya.

(?)

Tapi, to be honest, Miichan jatuh hati dengan situs itu. Daripada stalking media sosial gebetan yang nggak kunjung kamu dapatkan, lebih baik kamu nambah-nambah wawasan di Zetizen.

*ngomong sama diri sendiri di cermin*

taken by kakak fotografer

Warga EJS pun mengambil foto keluarga--meskipun hanya sebagian kecil--pada akhir acara, lalu pamit dan kembali ke sekolah.

Dan mereka hidup bahagia selama-lamanya.

Begitulah pengalaman pertama Miichan bersama teman-teman baru di Ekstrakulikuler Jurnalistik dan Sastra SMANSA. Secara keseluruhan menyenangkan. Sudah Miichan pastikan. Karena sejak awal pun, Miichan percaya bahwa akan berakhir begitu.

Sekian dari Miichan di hari Minggu yang dirindukan ini ^ ^)/

Kalau kamu ingin berbagi cerita, Miichan sudah bersiap di kolom komentar, kok ^ ^)b

Jaa mata ne ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[INFO] Baca Detective Conan Online Berbahasa Indonesia di mana ya?

Holaa~ Miichan balik lagi~ Kali ini, Miichan mau kasih info tentang dimana kita bisa baca komik Detective Conan Indonesia online. Mungkin sudah banyak yang tahu dan ini udah umum banget. Tapi nggak ada salahnya Miichan post. Berikut adalah 3 situs yang Miichan rekomendasikan. Pertama, di  mangacanblog.com . Di sini bukan cuma Detective Conan. Masih banyak lagi manga yang ada di sini yang dapat kita baca online. Ini adalah situs manga online yang pertama kali Miichan tahu dan pertama kali Miichan buka. Ke dua , di  komikid.com . Di sini juga cuma bukan Detective Conan, tetapi bercampur dengan yang lain. Di ke dua situs ini cukup lengkap dan chapter nya selalu diperbarui jika sudah terbit ^^ Bagi penggemar manga  yang tidak hanya suka sama Conan, mungkin lebih cocok sama dua situs di atas karena bercampur dengan manga  yang lain, juga chapter nya selalu diperbarui. Tapi bagi yang suka manga Detective Conan saja seperti Miichan, Miichan lebih suka ke  conanianscanlation.blogspot.

All About SHINICHI KUDO - Tokoh-Tokoh di Detective Conan

Ohayou   minna!!   Ketemu lagi dengan Miichan :3 Akhir-akhir ini Miichan semangat ngeblog  niih, hehe.. Di post " Belajar Bahasa Jepang bersama Miyoko ", Miichan kan pernah nyantumin bahwa Miichan suka Detective Conan, hehe.. Nah, Miichan berniat mau bikin post  demi post  tentang DC dengan lengkap :D Tokorode , di post  ini Miichan mau bahas tentang SHINICHI KUDO . ~ SHINICHI KUDO Nama Jepang : 工藤 新一  Kudō Shin'ichi Nama Inggris : Jimmy Kudo Umur : 16 - 17 tahun Tinggi / Berat : 174 cm / Tidak diketahui Tanggal lahir : 4 Mei Orangtua : Kudo Yusaku & Kudo Yukiko Profesi : Siswa SMU Teitan // Detektif Muncul pertama kali di file  1 dan episode 1 Menjadi keyhole  volume 1 dan 62 Shinichi adalah tokoh protagonis utama di Detective Conan tetapi dalam wujud Conan (meski sekali-kali muncul sebagai wujud asli). Shinichi adalah anak kelas 2 SMU Teitan. Ia terkenal karena sering membantu kepolisian Tokyo. Ia lahir dari pasangan Yusaku Kudo, seorang penulis

RSP - Sakura ~Anata ni Deaete Yokatta~ (Lirik + Terjemahan)

SAKURA ~ANATA NI DEAETE YOKATTA~ Sakura ~Syukurlah Aku Bertemu Denganmu~