Sabtu, 25 Juni 2016

10 Tips Metode KonMari: Metode Merapikan Barang-Barang Kamu!

Ohayou, minna!

Akhir-akhir ini Miichan sibuk mengatur Official Account baru Miichan di LINE, namanya Tips 'N Trick. Bagi yang punya LINE, bisa add OA Miichan yang satu itu, ya ~ (lihat di sini)

Selama liburan ini, Miichan menghabiskan banyak waktu untuk membenahi kamar Miichan. Pagi ini, Miichan menemukan sesuatu yang menarik di Pinterest! Usut punya usut, inilah dia Metode Konmari!

Miichan memang belum punya, tetapi Miichan menemukan sebuah website yang mengulas sekaligus menyimpulkan metode-metode yang ada di dalam buku karangan Marie Kondo-san. Website itu berbahasa Inggris, jadi Miichan ingin menerjemahkannya agar bisa berbagi kepada teman-teman juga!

Here we go ~
  1. Jadikan waktu beres-beres kamu sebagai waktu yang spesial!
    Konmari Celebrate 1
  2. Kumpulkan tiap-tiap barang ke dalam sebuah kelompok! Mulai beres-beres dari kelompok pakaian, lalu kelompokkan lagi pakaian tersebut, misalnya ke kelompok baju, celana, rok, dan sebagainya.
    Konmari Gather 2
  3. Asingkanlah yang tidak kamu butuhkan lagi dengan penuh keyakinan! Entah itu mau dijual, disumbangkan, atau bahkan benar-benar dibuang, pertama-tama asingkan dari lemari kamu. Kalau sudah tidak terpakai lagi, jangan ragu untuk melakukannya.
    Konmari Discard 3
  4. Tanyakan pada dirimu sendiri, apa barang tersebut membuatmu bahagia? Setiap barang punya aura positif atau negatif yang bisa mempengaruhi kamu juga, lho!
    Konmari Joy 4
  5. Simpan dengan rapi setiap barang! Jika itu berupa pakaian, lipat dengan sungguh-sungguh! Setiap barang berhak dirawat dan dihargai.
    Konmari Fold 4
  6. Susun secara vertikal sehingga lebih mudah dilihat dan diambil!
    Konmari Vertical 5
  7. Sesuai poin pertama, kelompokkan dan sesuaikan setiap barang dengan kelompoknya!
    Konmari Category 1 Clothing copyKonmari Category 2 Books
    Konmari Category 3 Papers copyKonmari Category 4.1 Office Llivingroom copy
    Konmari Category 4.2 Kitchen copyKonmari Category 4.3 Pantry copy
    Konmari Category 4.4 Household Supplies copyKonmari Category 4.5 Tools copy
    Konmari Category 4.6 Bathroom copy

  8. Kurangi barang-barang dari setiap kategori sampai dirasa tepat! Peraturan umumnya, kurangi hingga (minimal) setengahnya.
    Konmari Reduce Until Right
  9. Berikan 'rumah yang indah' untuk tiap-tiap barang dan simpan sesuai kategori! Tidak berdasarkan frekuensi penggunaan (yang ini sering dipakai, yang itu jarang..) atau berdasarkan kapan akan digunakan (yang ini dipakai besok, ini dipakai lusa..)
    Konmari Store Categories Together
  10. Kelilingi dirimu dengan barang-barang yang membuatmu bahagia!
    Konmari Joy All Around
Sekian dari Miichan ~ ^ ^)

4 komentar:

Tinggalkan jejak dengan bahasa yang baik. Terima kasih.. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...