Kamis, 27 November 2014

Cara Meminta Maaf Bagi Orang Jepang

Konnichi wa! ^^

Meminta maaf dan menerima maaf adalah hal yang memerlukan proses bukan? Kalau kita salah, terkadang masih banyak di antara kita yang diam saja atau seolah tidak tahu (atau memang tidak tahu?). Padahal kedua hal itu sebenarnya simpel sekali dan lebih baik melakukannya, daripada terjadi permusuhan berkepanjangan.

Oke! Jadi kesempatan kali ini, Miichan ingin berbagi informasi tentang Cara Meminta Maaf Bagi Orang Jepang. Kebanyakan orang akan langsung meminta maaf jika melakuka salah. Tapi, pasti akan ada perbedaan, baik sedikit ataupun banyak di setiap daerah. Dan ini adalah kebiasaan meminta maaf di Jepang. Check these out!


1) Jika hanya karena menyenggol, biasanya mengucapkan "Gomennasai" atau "Sumimasen" (maaf) sambil mengangguk.
1
Kiri : "Sumimasen." (maaf)
Kanan :"Iie." (tidak apa-apa)

2. Jika lalai berjanji antar teman, misalnya saat janjian ke toko buku dan kita telat, biasanya mengucapkan "Gomen ne, osoku natta" (maaf, ya, aku telat)

Sungkyukwan Scandal Lesson (7)
Contoh seseorang yang terlambat di Jepang

3) Jika salah menyebutkan nama seseorang, biasanya akan mengucapkan "Shitsurei itashimashita" (maaf, saya lancang)
3

4) Jika kesalahannya dalam bentuk pelayanan yang tidak memuaskan, biasanya akan membungkuk dan mengucapkan "Moushiwake gozaimasen" (maaf yang sedalam-dalamnya)
4

5) Sementara permintaan maaf karena kesalahannya sangat fatal, misalnya sampai menimbulkan korban cacat, korban jiwa, seseorang sakit, dan sebagainya, berbeda lagi. Apalagi jika disebabkan oleh perusahaan. Biasanya seluruh jajaran manajer akan mengadakan siaran pers, lalu menjelaskan penyesalan yang kebanyakan sambil berlinang air mata. Setelah semua itu, akan diakhiri dengan pembungkukan 90 derajat yang lama (sekitar 5 menit) dan mengucapkan "Moushiwake gozaimasen" (maaf yang sedalam-dalamnya).

Kalau cara meminta maaf teman-teman, bagaimana?

Source here

2 komentar:

  1. Wow, ada banyak cara ya untuk meminta maaf di Jepang

    Nice Post Miichan ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekalii ^^
      Teirma kasih banyak, Reykatzen ^^

      Hapus

Tinggalkan jejak dengan bahasa yang baik. Terima kasih.. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...