Langsung ke konten utama

when i rummaged for a certification

Perbedaan Antara Indonesia dan Korea

"Yoo~ Miichan comeback again!" ~Menari hula-hula

Sebenarnya Miichan masih ingin menulis tentang budaya Jepang, tetapi setelah mendengar opini teman Miichan supaya jangan "Jepang-Jepang melulu,", maka Miichan ingin menyelipkan tentang Korea di antara artikel-artikel yang lain :D

Kali ini Miichan membahas tentang perbedaan antara Indonesia dan Korea. Jangan dianggap serius ya, ini hanya pendapat dan sepengetahuan Miichan saja. Toh, Miichan juga belum pernah ke Korea xD Dan lagi, Miichan di sini bukan mau merendahkan Indonesia ataupun Korea, ya.

Check this out!



  • Dari segi agama dan keyakinan
Indonesia adalah negara yang masyarakatnya diwajibkan untuk memiliki keyakinan / agama. Terlepas dari agama apapun, baik Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, atau Kong Hu Chu, yang terpenting memilikinya. Dan memang tak ada yang lebih hebat selain 'memiliki Tuhan' untuk melalui kehidupan ini. Berbeda dengan Korea yang mayoritas Atheis, sehingga wajar saja banyak terjadi kasus bunuh diri karena sangat stress atau frustasi dan tidak tahu harus ke mana.
  • Dari segi budaya
Ini sudah dapat dipastikan, jelas saja Indonesia lebih beragam budayanya. Makanya, Indonesia lebih toleran terhadap perbedaan dibandingkan Korea. Soalnya di Korea tampaknya hanya ada satu rumpun dan menjadikan mereka kurang ngeh sama perbedaan. Bahkan udah jadi rahasia umum, kalau bule lebih mudah mencari tempat sewa di Korea dibanding orang Asia.
  • Dari segi penghargaan terhadap budaya
Indonesia memang menang dalam ragam budaya, akan tetapi Korea lebih serius dalam menghargai budayanya. Bagi mereka, tidak ada kata 'ketinggalan zaman' untuk mempelajari budaya sendiri (bandingkan dengan Indonesia yang mayoritas lebih suka mempelajari budaya asing). Selain itu, Miichan pernah dengar kalau artis-artis terkenal dari Korea juga membawa-bawa budaya Korea sebagai ajang promosi, sehingga budayanya sangat sukses untuk di'jual' keluar.
  • Dari segi profesionalitas artis
Dapat dipastikan kalau Korea lebih unggul dalam hal ini. Bukan berarti di Indonesia tidak ada artis yang profesional ya. Gampangnya saja kita lihat boyband. Kalau di sana, sebelum debut mereka dilatih terlebih dahulu. Katanya sih kalau mau jadi artis terkenal di Korea, sama susahnya dengan masuk ke universitas! Terkadang miris juga melihat 'beberapa' artis Indonesia yang belum terlalu matang sudah langsung terjun ke publik.
  • Dari segi penghargaan terhadap artis
Meskipun kebanyakan artis di Korea lebih profesional, tetapi masyarakat Indonesia lebih menghargai artisnya dibandingkan masyarakat Korea terhadap artis Korea. Indonesia tidak memaksa artis untuk menjadi sempurna. Beda sama Korea yang kebanyakan menginginkan artis yang sempurna. Harus tetap cantik dan ganteng, tidak boleh terlihat tua.. Artis A dan artis B harus menikah karena cocok, dan banyak lagi pemaksaan. Memang sih, untuk menjadi artis diusahakan untuk tidak mendapat skandal, tapi kalau sampai begitu apa tidak keterlaluan juga? Toh artis kan hanya manusia :D
  • Dari segi ekonomi
Miris juga sih, tapi ini sudah jelas Korea menang. Mereka hanya butuh 9 bulan untuk lepas dari krisis moneter, sementara kita...
  • Dari segi kecantikan
Sebenarnya ini tidak cocok dimasukkan karena cantik itu relatif, tapi kalau misalnya kita lihat-lihat, di sana operasi plastik sudah dianggap hal yang wajar. Bahkan, harganya terjangkau oleh anak sekolah. Banyak pula orang tua yang mengizinkan anak-anaknya untuk operasi plastik demi menunjang kecantikan mereka. Maka bersyukurlah menjadi orang Indonesia yang kebanyakan bersyukur untuk wajah seperti apa yang telah dia dapat dari Tuhan, tanpa diubah-ubah lagi.

Kira-kira sih, begitu, perbedaannya. Tetapi, Miichan tidak bilang ini 100% akurat lho, ya! Kalau menurut kalian, bagaimana?

Source here

Komentar

  1. Miichan, aku harus jujur ya...
    Dengan mengunjungi blogmu rasanya sangat menyenangkan karena mendapatkan banyak informasi.
    Sering sering ON yang Miichan, maaksih banyak atas informasinya ^0^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, ya, Aisha. Miichan jadi terhura :') Dan Miichan mohon maaf tidak bisa ON sesering mungkin karena aktivitas Miichan yang semakin padat setelah liburan selesai ini (TT^TT) Mohon maaf, ya, Aisha :)

      Hapus
    2. Iya Miichan, sama-sama ^0^

      Hapus
  2. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, ya ^^

    BalasHapus
  3. Oya..namabahin nih..co korea itu kalo cinta ga lebay..garing tapi kerasa
    Humm ktnya co korea itu pelit..tergantung..kl di awal kita realistis dia dengan senang hati ngeluarin pundi2 nya k kantong kita hehe. Intinya jgn matre abis.
    Kalo kencan ga pk jemput2 an..lgs tkp.
    Nelp singkat padat mantap hehe
    Walopun bajingan dia ngerti tanggung jawab terhadap keluarga. Kl co indo dah cere yuk bye2..
    Ini pengalaman yg udah aku liat sendiri ya. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, Miichan baru tahu > < Terima kasih tambahannya, Regitanovia ^^

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[INFO] Baca Detective Conan Online Berbahasa Indonesia di mana ya?

Holaa~ Miichan balik lagi~ Kali ini, Miichan mau kasih info tentang dimana kita bisa baca komik Detective Conan Indonesia online. Mungkin sudah banyak yang tahu dan ini udah umum banget. Tapi nggak ada salahnya Miichan post. Berikut adalah 3 situs yang Miichan rekomendasikan. Pertama, di  mangacanblog.com . Di sini bukan cuma Detective Conan. Masih banyak lagi manga yang ada di sini yang dapat kita baca online. Ini adalah situs manga online yang pertama kali Miichan tahu dan pertama kali Miichan buka. Ke dua , di  komikid.com . Di sini juga cuma bukan Detective Conan, tetapi bercampur dengan yang lain. Di ke dua situs ini cukup lengkap dan chapter nya selalu diperbarui jika sudah terbit ^^ Bagi penggemar manga  yang tidak hanya suka sama Conan, mungkin lebih cocok sama dua situs di atas karena bercampur dengan manga  yang lain, juga chapter nya selalu diperbarui. Tapi bagi yang suka manga Detective Conan saja seperti Miichan, Miichan lebih suka ke  conanianscanlation.blogspot.

All About SHINICHI KUDO - Tokoh-Tokoh di Detective Conan

Ohayou   minna!!   Ketemu lagi dengan Miichan :3 Akhir-akhir ini Miichan semangat ngeblog  niih, hehe.. Di post " Belajar Bahasa Jepang bersama Miyoko ", Miichan kan pernah nyantumin bahwa Miichan suka Detective Conan, hehe.. Nah, Miichan berniat mau bikin post  demi post  tentang DC dengan lengkap :D Tokorode , di post  ini Miichan mau bahas tentang SHINICHI KUDO . ~ SHINICHI KUDO Nama Jepang : 工藤 新一  Kudō Shin'ichi Nama Inggris : Jimmy Kudo Umur : 16 - 17 tahun Tinggi / Berat : 174 cm / Tidak diketahui Tanggal lahir : 4 Mei Orangtua : Kudo Yusaku & Kudo Yukiko Profesi : Siswa SMU Teitan // Detektif Muncul pertama kali di file  1 dan episode 1 Menjadi keyhole  volume 1 dan 62 Shinichi adalah tokoh protagonis utama di Detective Conan tetapi dalam wujud Conan (meski sekali-kali muncul sebagai wujud asli). Shinichi adalah anak kelas 2 SMU Teitan. Ia terkenal karena sering membantu kepolisian Tokyo. Ia lahir dari pasangan Yusaku Kudo, seorang penulis

RSP - Sakura ~Anata ni Deaete Yokatta~ (Lirik + Terjemahan)

SAKURA ~ANATA NI DEAETE YOKATTA~ Sakura ~Syukurlah Aku Bertemu Denganmu~