Sabtu, 19 April 2014

Faktor Penyebab Kepadatan Penduduk

Suatu wilayah dapat menjadi padat jika terdapat faktor pendukung di dalamnya. Antara lain :
  • Kesuburan tanah
Daerah yang subur dapat digunakan untuk aktivitas pertanian ataupun perkebunan. Aktivitas tersebut dapat digunakan sebagai sumber aktivitas ekonomi pula. Karenanya, biasanya wilayah berdaerah yang subur adalah wilayah yang padat. 
  • Bentuk lahan
Selain kesuburan tanah, bentuk lahan juga menjadi faktor penting bagi seseorang memilih tempat bermukim. Biasanya daerah dataran lebih padat dibanding yang tidak datar, seperti perbukitan ataupun pergunungan. Hal ini disebabkan karena dengan lahan yang datar memudahkan mobilitas dari satu tempat ke tempat yang lain.
  • Iklim
Iklim yang lebih banyak diminati (A/N : Mohon maaf kalau penggunaan katanya salah '-') biasanya adalah iklim yang tidak berubah secara drastis. Dibandingkan dengan iklim subtropis, tentu saja lebih nyaman tinggal di daerah tropis. Mengapa? Karena suhu antara musim yang satu dengan yang lainnya tidak jauh berbeda. Bandingkanlah dengan iklim subtropis yang musimnya dapat bersuhu ekstrim. Pada musim panas dapat sangat panas sampai 40 derajat, sedangkan pada musim dingin bisa mencapai suhu kurang dari 0 derajat.
  • Pusat pemerintahan
Meskipun tanahnya tidak subur, biasanya wilayah yang menjadi pusat pemerintahan akan menjadi padat. Contohnya Jakarta. Tidak hanya di Indonesia, negara yang lain pun kemungkinan besar wilayah yang menjadi pusat pemerintahannya lebih padat dibanding wilayahnya yang lain. Misalnya Tokyo, Jepang ataupun Seoul, Korea Selatan. Orang-orang memilih tinggal di wilayah ini karena biasanya wilayah yang menjadi pusat pemerintahan, semua aktivitas ada berpusat di sini.
  • Pusat pendidikan
Selain pusat pemerintahan, wilayah yang menjadi pusat pendidikan pun biasanya adalah wilayah yang padat. Hal ini disebabkan karena orang-orang pasti ingin mendapat pendidikan yang baik dan biasanya sesuatu yang menjadi pusat adalah sesuatu yang baik. Maka dari itu, orang-orang pun memilih tinggal di sini.

  • Prasarana jalan
Faktor yang ini berkaitan dengan dua faktor pertama, yaitu kesuburan tanah dan bentuk lahan. Bayangkanlah, di tanah yang keras dan kering kerontang, tentu saja sulit membuat jalan yang rata (A/N : Mohon maaf kalau salah ><) Dan di lahan yang tidak datar pun sama sulitnya. Tetapi di jalan yang subur dan datar, hal ini dapat dilakukan dengan mudah. Dengan prasarana jalan yang memadai, mobilitas dapat berlangsung dengan lancar sehingga aktivitas dapat dilakukan dengan baik.

Begitulah beberapa faktor penyebab kepadatan penduduk. Mohon maaf kalau ada beberapa yang salah, ya! >< Faktor ini Miichan kutip dari penjelasan guru IPS Miichan, sementara penjelasannya berdasarkan logika Miichan. Semoga bermanfaat!

Dibutuhkan tanggapannya baik berupa kritik, saran, ataupun ada yang mau memberi tambahan faktor? Silakan, Miichan tunggu di kolom komentar ^^

2 komentar:

  1. kok engggak bisa di copy sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, tetapi Blog Miyoko-chan memang tidak bisa di-copy. Mohon pengertiannya :) Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^^

      Hapus

Tinggalkan jejak dengan bahasa yang baik. Terima kasih.. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...