Langsung ke konten utama

when i rummaged for a certification

Sekilas Tentang Anime "Shingeki no Kyojin" / "Attack on Titan"

Horaa.. Somebody here? *Miichan_celingak_celinguk*

Kesempatan kali ini, Miichan mau membahas tentang anime yang berjudul Attack on Titan atau versi Jepangnya bernama Shingeki no Kyojin / 新劇の巨人 Anime ini dibuat oleh Hajime Isayama-sensei dan sampai pada saat Miichan membuat artikel ini, manganya sudah sampai volume ke-7 di Indonesia.

Shingeki no Kyojin atau kita singkat SnK ini mungkin bisa dibilang "kisah fantasi yang nyata" Karena di anime ini terdapat titan / raksasa pemakan manusia yang tidak mungkin ada di kenyataan, tetapi kalau membaca / menonton animenya, itu terasa seperti nyata '-'

SnK ini adalah anime yang sudah jelas berasal dari Jepang. Tetapi latar tempat di anime ini bukanlah di Jepang. Tokoh-tokohnya pun bukan orang-orang Jepang. Hanya ada 2 orang Jepang yang Miichan tahu di anime ini, yaitu Mikasa Ackerman (yang sebenarnya juga bukan orang asli Jepang) dan Ibunya (yang asli orang Jepang)

Hm.. Mari kita mulai dari kisah awal pada lembaran-lembaran manga SnK..

Di dunia SnK, ada titan yang dalam hidupnya selalu memakan manusia. Titan ini tidak tertarik pada makhluk hidup lain. Titan ini memiliki tubuh yang besar. Ada yang 3 meter sampai yang paling besar 60 meter, yaitu titan kolosal.

Manusia hidup berdampingan dengan titan, tetapi sekaligus saling berperang. Karena begitu ganasnya titan ini, manusia yang tersisa pun membangun 3 buah dinding (wall Maria, wall Rose, wall Sina) dengan ketinggian 50 meter agar melindungi mereka dari serangan titan di luar dinding.

Pada awalnya, ketika Eren Yaeger (tokoh utama), Mikasa Ackerman (adik angkat Eren), dan Armin Alert (teman Eren dan Mikasa) setelah mengalahkan preman yang memalak, terdengar suara yang keras dan terasa seperti gempa. Ketika Armin keluar dari gang dan melihat ke arah wall Maria (dinding terluar di antara ke-3 dinding), ternyata ada titan kolosal yang kemudian menendang dinding sampai bolong.


Puing-puing dinding yang terlempar ke mana-mana, seperti meteor jatuh. Salah satu puingnya jatuh di rumah Eren dan Mikasa, yang menghancurkan rumah mereka dan menimpa ibu Eren / Carla Yaeger. Eren dan Mikasa berupaya untuk menolong Carla, di mana titan-titan berukuran kecil mulai masuk dari lubang tersebut dan salah satunya mendekati mereka. Carla sambil menangis berkata menyuruh mereka pergi agar mereka berdua selamat. Hannes (salah satu prajurit penjaga dinding yang merupakan sahabat ayah Eren) datang ke tempat mereka dan pada awalnya mau membunuh titan yang mendekati mereka, tetapi karena takut, Hannes pun memilih untuk mengikuti permintaan Carla yaitu meninggalkannya sambil membawa Eren dan Mikasa.

Carla pun ditinggal sendiri berucap, "Terima kasih," sambil menangis, kemudian berlirih, "Ja-Jangan pergi," Hingga kemudian titan itu datang dan memakan Carla, terlihat dengan jelas di mata Eren. Sejak saat itulah, Eren mempunyai tujuan hidup untuk memberantas semua titan dan membuat kehidupan manusia damai, dengan masuk ke tim penyelidik luar dinding (yang bertugas bertarung melawan titan di luar dinding). Sementara Mikasa mempunyai tujuan hidup untuk selalu bersama dan menjaga Eren, karena Erenlah satu-satunya keluarganya yang tersisa (ayah ibu Mikasa dibunuh oleh perampok, kemudian ayah Eren pergi entah kemana dan Ibu Eren dimakan titan) dan sepertinya Mikasa menyukai Eren (tapi selalu ngaku-ngaku kalau Eren hanyalah keluarganya -.-)

Setelah 5 tahun lamanya, Eren dan Mikasa berhasil masuk 10 besar dari pelatihan prajurit, dan mereka berdua masuk ke dalam tim penyelidik (2 tim lainnya adalah tim penjaga dinding dan tim pelayan Raja di dinding paling dalam [hanya bisa dimasuki 10 besar murid pelatihan]) Mereka pun bertarung melawan titan. Tokoh-tokoh lain yang ada di SnK :

  • Dot Pixis sebagai komandan tertinggi distrik bagian selatan (kalau tidak salah)
  • Erwin Smith sebagai komandan pasukan penyelidik
  • Levi (Rivaille) sebagai korporal pasukan penyelidik (kedudukan di bawah Erwin)
  • Hange Zoe sebagai kapten pasukan penyelidik (kedudukan di bawah Levi)
  • Petra, Eld, Auruo, dan Gunther sebagai anggota tim Levi (tetapi telah gugur dalam ekspedisi luar dinding di volume 7)
  • Sasha Blouse, Connie, Jean K., Marco B., Annie Leonheart, Berthold, Reiner, Christa (Historia Reiss), Ymir sebagai teman-teman Eren dan Mikasa sesama prajurit tim. Di mana Marco telah gugur dengan penyebab kurang diketahui. Annie, Berthold, Reiner, dan Ymir (ini spoiler, maaf) sebenarnya juga titan (seperti Eren) yaitu titan wanita, titan kolosan, titan zirah, dan titan Ymir. Dan Christa sebenarnya adalah anggota kerajaan yang tidak sah.
Masih banyak misteri di dalam anime Shingeki no Kyojin ini, seperti :

  • Ke manakah perginya Dr. Yaeger sebenarnya?
  • Apakah maksud sebenarnya dari ruang bawah tanah rumah Yaeger yang katanya berisi tentang pengetahuan seputar titan?
  • Siapakah titan berbulu / titan monyet itu?
  • Di bawah kendali siapakah sebenarnya titan itu?
  • Dari mana asal muasal titan? Apakah benar bahwa titan sebenarnya adalah manusia yang berubah?
  • Kenapa ada titan di dalam dinding?
  • Kenapa banyak prajurit (seperti Eren, Annie, Berthold, Reiner, dan Ymir) dapat berubah menjadi titan?
Dan masih banyak lagi misteri yang seru yang sampai sekarang masih belum terungkap..

Anime / manga ini penuh dengan perang yang terasa hidup. SnK ini pernah membuat Miichan tertawa, ketakutan, menangis, malu-malu, dan sebagainya karena feeling di dalam SnK ini benar-benar terasa hidup. SnK adalah anime baru di tahun 2013 lalu yang sudah banyak menarik perhatian para otaku.

Jadi, apakah kalian tertarik pada SnK? ^w^
Mari kita mengobrol dan berdiskusi di kolom komentar!

Komentar

  1. Balasan
    1. Wah, Miichan benar-benar mohon maaf kalau begitu ' - ') Tapi, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^^)

      Hapus
  2. Ini kayaknya masih ada lanjutan setelah 25 Episode itu ya?. karna banyak hal yang belum terungkap..

    Denger" yang season 2 bakal di rilis tahun 2016.. tapi tak apa nunggu lama yang penting bisa tau kelanjutannya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pasti. Karena 'kan memang baru season 1. Tapi rasanya 2016 masih lama T^T) Ayo kita menunggu bersama-sama :'D

      Hapus
  3. Misterinya aku jawab ya... :v

    1. Dr. Yaeger dimakan Eren dalam wujud Titan, kalau ingin menjadi Pengendali Titan, maka ia harus memakan titan yang levelnya lebih tinggi
    2. Belum ada di Manga
    3. Beast Titan
    4. Dia berbuat sendiri
    5. Berasal dari manusia yang dirubah menjadi titan oleh Beast Titan
    6. Dinding yang melindungi manusia berasal dari titan yg mengeras
    7. Eren berubah menjadi titan karena disuntikkan cairan titan oleh ayahnya, kalo yang lain ga tau, tapi mereka berasal dari desa di luar dinding

    kunjungi juga SeputarTitan.co.vu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Pradhika, terima kasih banyak >w<) Dengan begini, setidaknya beberapa misteri SnK sudah terkuak :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[INFO] Baca Detective Conan Online Berbahasa Indonesia di mana ya?

Holaa~ Miichan balik lagi~ Kali ini, Miichan mau kasih info tentang dimana kita bisa baca komik Detective Conan Indonesia online. Mungkin sudah banyak yang tahu dan ini udah umum banget. Tapi nggak ada salahnya Miichan post. Berikut adalah 3 situs yang Miichan rekomendasikan. Pertama, di  mangacanblog.com . Di sini bukan cuma Detective Conan. Masih banyak lagi manga yang ada di sini yang dapat kita baca online. Ini adalah situs manga online yang pertama kali Miichan tahu dan pertama kali Miichan buka. Ke dua , di  komikid.com . Di sini juga cuma bukan Detective Conan, tetapi bercampur dengan yang lain. Di ke dua situs ini cukup lengkap dan chapter nya selalu diperbarui jika sudah terbit ^^ Bagi penggemar manga  yang tidak hanya suka sama Conan, mungkin lebih cocok sama dua situs di atas karena bercampur dengan manga  yang lain, juga chapter nya selalu diperbarui. Tapi bagi yang suka manga Detective Conan saja seperti Miichan, Miichan lebih suka ke  conanianscanlation.blogspot.

All About SHINICHI KUDO - Tokoh-Tokoh di Detective Conan

Ohayou   minna!!   Ketemu lagi dengan Miichan :3 Akhir-akhir ini Miichan semangat ngeblog  niih, hehe.. Di post " Belajar Bahasa Jepang bersama Miyoko ", Miichan kan pernah nyantumin bahwa Miichan suka Detective Conan, hehe.. Nah, Miichan berniat mau bikin post  demi post  tentang DC dengan lengkap :D Tokorode , di post  ini Miichan mau bahas tentang SHINICHI KUDO . ~ SHINICHI KUDO Nama Jepang : 工藤 新一  Kudō Shin'ichi Nama Inggris : Jimmy Kudo Umur : 16 - 17 tahun Tinggi / Berat : 174 cm / Tidak diketahui Tanggal lahir : 4 Mei Orangtua : Kudo Yusaku & Kudo Yukiko Profesi : Siswa SMU Teitan // Detektif Muncul pertama kali di file  1 dan episode 1 Menjadi keyhole  volume 1 dan 62 Shinichi adalah tokoh protagonis utama di Detective Conan tetapi dalam wujud Conan (meski sekali-kali muncul sebagai wujud asli). Shinichi adalah anak kelas 2 SMU Teitan. Ia terkenal karena sering membantu kepolisian Tokyo. Ia lahir dari pasangan Yusaku Kudo, seorang penulis

RSP - Sakura ~Anata ni Deaete Yokatta~ (Lirik + Terjemahan)

SAKURA ~ANATA NI DEAETE YOKATTA~ Sakura ~Syukurlah Aku Bertemu Denganmu~