Langsung ke konten utama

when i rummaged for a certification

Sekilas dan Ciri-Ciri Umum tentang Bahasa Jepang

Bahasa Jepang (日本語 : Nihongo) merupakan bahasa resmi di Jepang dengan jumlah penutur ± 127.000.000 jiwa.

Bahasa Jepang tidak hanya digunakan di Jepang saja. Sejumlah penduduk negara yang pernah ditaklukkan Jepang juga menggunakannya, seperti Korea dan Republik Cina. Bahasa Jepang juga dapat didengarkan di Amerika Serikat (California dan Hawaii) dan Brasil akibat bermigrasinya orang Jepang ke daerah sana. Namun, keturunan mereka yang disebut ‘generasi ke dua’ (二世 : Nisei), tidak lagi fasih dalam bahasa ini.

Bahasa Jepang terbagi dalam dua bentuk, yaitu penuturan standar (標準語 : Hyoujungo) dan penuturan umum (共通語 : Kyoutsugo). Hyoujungo adalah bentuk yang diajarkan di sekolah dan digunakan di televisi dan segala perhubungan resmi.

TULISAN BAHASA JEPANG
Tulisan bahasa Jepang pada awalnya berasal dari tulisan bahasa China (漢字 : Kanji) yang diperkenalkan pada abad 4 M. Sebelum masa ini, orang Jepang tidak mempunyai sistem penulisan sendiri.



Tulisan Jepang terbagi menjadi 3 aksara, yaitu :
·          Aksara kanji  (漢字) yang berasal dari China
Aksara yang menunjukkan arti dan juga bunyinya.
Contoh : (watashi) / saya , (nichi) / hari , (ima) / sekarang
·         Aksara Hiragana (ひらがな)
Aksara yang dipakai untuk menuliskan nama-nama dan kata-kata asli bahasa Jepang yang tidak ada di aksara kanji, serta untuk menuliskan partikel
Contoh : すみません (sumimasen) / permisi , いつも (itsumo) / selalu , はじめまし (hajimemashite) / perkenalkan
·         Aksara Katakana (カタカナ)
Aksara yang digunakan untuk menuliskan nama-nama dan kata-kata yang diambil dari bahasa asing atau kosakata serapan.
Selain itu digunakan pula untuk nama orang asing dan nama negara, kecuali Cina dan Korea.
Contoh : マイク(Maiku) / Mike  , インドネシア (Indoneshia) / Indonesia アメリカ (Amerika) Amerika

Aksara hiragana dan katakana berunsur pada tulisan kanji dan dikembangkan pada abad 8 M oleh rohaniawan Buddha untuk membantu melafazkan karakter-karakter China.
Aksara hiragana dan katakana biasa disebut kana dan ke duanya dipengaruhi oleh fonetik bahasa Sansekerta. Hal ini masih bisa dilihat dalam urutan aksara Kana. Selain itu, ada pula sistem alih aksara ke huruf alfabetis yang kita gunakan yang disebut romaji.

Bahasa Jepang yang kita kenal saat ini ditulis dengan menggunakan kombinasi antara aksara kanji, hiragana, dan katakana.

TANDA BACA
Dalam kalimat bahasa Jepang, tidak ada spasi yang memisahkan antara kata dan kalimat sehingga semuanya tersambung. Walaupun bukan tanda baca yang baku, terkadang juga dijumpai penggunaan tanda tanya atau tanda seru di akhir kalimat.

Tanda baca yang dikenal dalam bahasa Jepang ada dua, yaitu  (句点 : koten) dan (読点 : touten). Koten berfungsi sama seperti titik, sementara touten berfungsi sama seperti koma.

TATA BAHASA
Dalam bahasa Jepang, jenis kata terdiri dari kata kerja, kata sifat, kata benda, kata keterangan, kata penghubung, dan partikel. Untuk urutannya, predikat selalu terletak di akhir kalimat.

Contohnya :
  Kochira wa Nakagawa-san desu
こちらは中川さんです
Ini adalah Nakagawa-san
         
Mainichi shinbun o yomimasu
毎日新聞を読みます
Setiap hari membaca koran

Selain itu, kata yang diterangkan selalu terletak di belakang kata yang menerangkan.
Contohnya :
Aoi sora ga sugoi desu yo
青い空がすごいですよ
Langit biru yang indah ya (aoi : biru, sora : langit)

Sono shiroi neko wa dare no desu ka?
その白い猫はだれのですか?
Kucing putih itu milik siapa? (sono : itu, shiroi : putih, neko : kucing)

Kata benda, kata kerja, dan kata sifat dalam Bahasa Jepang berfungsi sebagai predikat. Perdikat dapat menunjukkan positif / negatif dan non-waktu lampau / waktu lampau.

Kata sifat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kata sifat-i dan kata sifat-na. Kata sifat-i adalah semua kata sifat berakhiran huruf i atau yang dibaca i. Sementara kata sifat-na adalah semua kata sifat yang berakhiran selain i atau yang tidak dibaca i.

Contohnya :
Kata Sifat-i
Kata Sifat-na
広い
Hiroi
Luas
静か
Shizuka
Sepi
寒い
Samui
Dingin
にぎやか
Nigiyaka
Ramai
厚い
Atsui
Panas
きれい
Kirei (dibaca : Kiree)
Cantik
おいしい
Oishii
Lezat
有名
Yuumei (dibaca : Yuumee)
Terkenal
かわいい
Kawaii
Imut
元気
Genki
Sehat

Sementara partikel digunakan di belakang kata atau kalimat. Partikel menunukkan hubungan antara kata dengan kata dalam kalimat dan maksud si pembicara. Selain itu, juga berfungsi menambahkan berbagai arti. Contoh beberapa partikel :
    (/ha) >> “wa”
(/he) >> “e”
(/wo) >> “o”
(/no) >> “no”
(/ni) >> “ni”

Kata-kata dan ungkapan yang bisa diketahui dari konteks kalimat juga biasanya dihilangkan. Subjek dan objek pada kalimat juga biasanya dihilangkan. Contohnya :

(私は)君が大好きだ
(Watashi wa) kimi ga daisuki da
Aku suka padamu – subjek “watashi” yang berarti “saya” biasanya dihilangkan

(君は)暇なとき、なにをしますか?
Kimi wa hima na toki, nani o shimasu ka?
Apa yang kamu lakukan di waktu luang? – subjek “kimi” yang berarti “kamu” biasanya dihilangkan

KESOPANAN
Biasanya untuk menghormati orang yang lebih tinggi derajatnya, seperti kepada menteri atau direktur, dipakai Bahasa Jepang sopan yang disebut teinigo / 低に語. Untuk menyebut nama menteri, biasanya diakhiri partikel –sama atau –sangi.

Contohnya :
Menteri Itano
板のー参議


Untuk berkenalan, kita harus menggunakan bentuk bahasa sopan. Tetapi kita boleh menggunakan bahasa umum kalau sudah akrab.

Sumber : Alan Katsudou, Jurus Kilat Ngomong Bahasa Jepang untuk pemula, Laskar Aksara

Note :
Mohon maaf bila post kali ini tulisannya kurang rapi, karena pada saat membuatnya, Miichan langsung meng-copy paste ini dari Microsoft Word (sebelumnya Miichan tulis di situ). Saat mengeditnyapun berlangsung sedikit sulit karena laptop Miichan telah panas dan internetnya agak cukup lambat.

Sekian, semoga bermanfaat dan berkenan untuk meninggalkan komentar ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[INFO] Baca Detective Conan Online Berbahasa Indonesia di mana ya?

Holaa~ Miichan balik lagi~ Kali ini, Miichan mau kasih info tentang dimana kita bisa baca komik Detective Conan Indonesia online. Mungkin sudah banyak yang tahu dan ini udah umum banget. Tapi nggak ada salahnya Miichan post. Berikut adalah 3 situs yang Miichan rekomendasikan. Pertama, di  mangacanblog.com . Di sini bukan cuma Detective Conan. Masih banyak lagi manga yang ada di sini yang dapat kita baca online. Ini adalah situs manga online yang pertama kali Miichan tahu dan pertama kali Miichan buka. Ke dua , di  komikid.com . Di sini juga cuma bukan Detective Conan, tetapi bercampur dengan yang lain. Di ke dua situs ini cukup lengkap dan chapter nya selalu diperbarui jika sudah terbit ^^ Bagi penggemar manga  yang tidak hanya suka sama Conan, mungkin lebih cocok sama dua situs di atas karena bercampur dengan manga  yang lain, juga chapter nya selalu diperbarui. Tapi bagi yang suka manga Detective Conan saja seperti Miichan, Miichan lebih suka ke  conanianscanlation.blogspot.

All About SHINICHI KUDO - Tokoh-Tokoh di Detective Conan

Ohayou   minna!!   Ketemu lagi dengan Miichan :3 Akhir-akhir ini Miichan semangat ngeblog  niih, hehe.. Di post " Belajar Bahasa Jepang bersama Miyoko ", Miichan kan pernah nyantumin bahwa Miichan suka Detective Conan, hehe.. Nah, Miichan berniat mau bikin post  demi post  tentang DC dengan lengkap :D Tokorode , di post  ini Miichan mau bahas tentang SHINICHI KUDO . ~ SHINICHI KUDO Nama Jepang : 工藤 新一  Kudō Shin'ichi Nama Inggris : Jimmy Kudo Umur : 16 - 17 tahun Tinggi / Berat : 174 cm / Tidak diketahui Tanggal lahir : 4 Mei Orangtua : Kudo Yusaku & Kudo Yukiko Profesi : Siswa SMU Teitan // Detektif Muncul pertama kali di file  1 dan episode 1 Menjadi keyhole  volume 1 dan 62 Shinichi adalah tokoh protagonis utama di Detective Conan tetapi dalam wujud Conan (meski sekali-kali muncul sebagai wujud asli). Shinichi adalah anak kelas 2 SMU Teitan. Ia terkenal karena sering membantu kepolisian Tokyo. Ia lahir dari pasangan Yusaku Kudo, seorang penulis

Download Digimon Adventure 01 (1 - 54 [END]) Subtitle Indonesia

Minna, ohayou! Kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan link   download  untuk anime   Digimon , tepatnya yang season  1, yaitu Digimon Adventure 01. Apa kalian pernah dengar? Mungkin untuk 'Digimon' keseluruhan ( yang mencakup 7 season ) kalian pernah mendengar atau malah menontonnya. Terlebih lagi Digimon Xros War ( Miichan kurang tahu itu season ke berapa ) saat ini tengah ditayangkan di Indosiar. (Baca juga yuk >>  Apa Itu Digimon? ) Tetapi, Digimon Adventure 01 adalah season paling pertama yang mungkin tidak begitu terkenal lagi sekarang. Meskipun begitu, setelah Miichan survei, banyak penyuka Digimon yang mengaku season inilah yang paling seru, bersama dengan Digimon Xros War. Dahulu, season ini juga ditayangkan di Indosiar. Sekitar 6 - 7 tahun yang lalu kalau tidak salah, saat Miichan masih kelas 2 - 3 SD '-' Menurut Miichan, rating  Digimon Adventure 01 ini K+. Genre nya adalah adventure , friendship , dan fantasy . Di Digimon Adventure ini, ti