Langsung ke konten utama

when i rummaged for a certification

Case 001 - Event ADC

1. CASE 01
Sabtu, 5 Juni 2010
Namaku Sora. Aku adalah detektif yang berasal dari Hokkaido. Aku berencana pergi ke pesisir pantai melewati laut besok, untuk melepas penatku dari kasus-kasus.

Sabtu, 6 Juni 2010
Uh, oh! Ada badai, sehingga kapal tidak dijalankan. Aku terpaksa menunggu esok hari!

Minggu, 7 Juni 2010
Lagi-lagi badai! Aku pun mengundur acara liburanku sampai besok.

Senin, 8 Juni 2010
Akhirnya badai dinyatakan berhenti dan aku pun pergi berlibur. Aku sampai di sana sekitar pukul 16.00. Aku melihat beberapa pohon kelapa yang berjarak kurang lebih 100 meter dari pantai tumbang karena badai yang dahsyat. Aku pun menginap di sebuah hotel.

Namun, aku rasa tidak ada hari libur untukku. Ada kasus yang terjadi hotel tersebut. Karena aku tidak kuat mendengar kasus, aku pun ikut campur tangan untuk membantu memecahkan kasus tersebut. Maka, aku berbicara dengan Izawa (45), pemilik hotel tersebut.

****
S : Maaf, ada kasus apa ini?
I : Oh, ada kasus pembunuhan seorang wanita di sini, penghuni kamar 20! Ngomong-ngomong, Anda siapa ya?
S : Aku penghuni kamar 25 yang baru datang, aku juga seorang detektif
I : Oh ya? Tapi tenang, sudah ada polisi di sini. Kau tidak perlu repot-repot membantu.

Aku sedikit kesal mendengarnya, tetapi di situ ada polisi kenalanku. Namanya Taichi.

S : Hee, Taichi! Kita ketemu!
T : Sora! Aku rasa pihak kepolisian membutuhkan bantuan detektif sepertimu.
S : Jadi, bagaimana kasusnya?
T : Jadi...

Korban bernama Len (19), dia sudah menginap sejak tiga hari yang lalu. Yang menemukan pertama kali adalah Izawa. Ia masuk ke kamar ini dengan menggunakan kunci cadangan karena curiga kenapa Len tidak keluar-keluar kamar seharian. Menurut hasil autopsi, ia meninggal dua hari yang lalu.

S : Lalu, apa ada pesan kematian dari korban?
T : Tidak ada. Aku rasa, dia mati di tempat setelah dibunuh.
S : Apa ada DM dari korban sebelum mati?
T : Ya, ada. Yaitu おらを / Orawo
S : Apa tersangka sudah ditetapkan?
T : Tersangka sebagai berikut =

1. Izawa (45) Pemilik penginapan. Ia mengaku kesal dengan sikap Len karena bersikap kurang sopan. Ia sering mengenakan pakaian sangat pendek di penginapannya. Ia juga sering berlaku kasar saat masih hidup dan menginap di sini. Ia pernah memecahkan peralatan sarapan yang dipinjamkan penginapan padanya dengan sengaja.

2. Hitoshi (20) Pacar korban. Ia mengaku, ia menginap bersama Len. Tapi pada hari ke dua (hari pembunuhan) dan hari ke tiga (hari ini), dia tidak bersama Hitoshi. Akhirnya ia mengakui bahwa ia tengah selingkuh bersama pacar gelapnya di hotel dekat situ.

3. Karin (19) Sahabat korban. Menurut kesaksiannya, dua hari yang lalu dia tengah berkemah di tepi pantai. Ia bilang, ia tidak pergi ke hotel itu sama sekali. Ia mengaku hubungannya dengan Len baik-baik saja. Hanya saja, ia sedikit kesal karena Karin menyukai Hitoshi, tetapi Len malah merebut Hitoshi. Padahal, Len tahu bahwa Karin sangat menyukai Hitoshi.

4. Sakura (18) Ia adalah penghuni kamar 21. Ia mengaku sangat kesal dengan Len karena ia menginap di hotel itu untuk menyelesaikan novelnya, tetapi Len malah memutar musik keras-keras sampai terdengar ke kamarnya. Akibatnya, dia tidak bisa menyelesaikan novel itu tepat waktu.

Aku pun terdiam. Aku pun menulis dalam buku catatanku, dan mataku membelalak melihatnya. Aku tau pelakunya, tapi aku masih belum memiliki bukti. Aku pun mengaitkan 'nama pelaku' dengan DM korban. Ya, hanya bergeser sedikit saja!

Pelakunya pun aku sebutkan dan dia pun tertangkap setelah mengaku! Liburanku pun kembali cerah!

Pertanyaannya :
1. Siapakah pelakunya?
2. Apakah kesalahan dari pengakuannya?
3. Apa arti dan maksud dari DM tersebut?
4. Apa motif si pelaku?

*****************************************************************************
Solve the case minna-san ><

Komentar

  1. 1. Han'nin wa/ pelakunya adalah karin
    2. Dia bilang kalau dua hari lalu dia camping di deket pantai padahal saat itu hujan badai, itu tidak mungkin terjadi
    3. Maksud DM itu adalah orewa atau dia adalah atau pelakunya adalah Karin
    4. Motifnya adalah karena korban merebut hitoshi yang disukai pelaku, padahal korban tahu bahwa pelaku menyukai hitoshi.
    Mii-san, kono kesu wa kantandesu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya benar semua :) Tapi mungkin nomor 3 masih kurang tepat ya ^^
      Hahaha, iya, ini kasusnya memang mudah ^^

      Arigatou sudah berkunjung!

      Hapus
  2. Kunci jawabannya secara lengkap ^^

    1. Pelakunya adalah Karin, hal ini dapat dilihat dari alibinya yang tidak masuk akal serta DM dari sang korban

    2. Kesalahan alibinya terletak pada "berkemah di tepi pantai dua hari yang lalu". Padahal dari dua hari yang lalu atau hari Sabtu, di tepi pantai itu terjadi badai berkekuatan dahsyat yang menumbangkan pohon-pohon di tepi pantai.

    3. DMnya adalah "Orawo" atau dieja "O-Ra-Wo". Kemudian ungkapan Detektif Sora, "Ya, hanya bergeser sedikit saja!" Ini berarti huruf-huruf dalam DM tersebut harus digeser. Maka kita geser satu huruf ke depan menjadi :
    O >> Ka
    Ra >> Ri
    Wo >> N
    "Karin"

    4. Motifnya sudah jelas, yaitu Karin menyukai Hitoshi dan Len mengetahuinya, tetapi Len malah merebut Hitoshi dari Karin..

    BalasHapus
  3. DM, itu maksudnya apa? haihh aku emang kepo, atw kudet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. DM itu artinya Dying Message atau Pesan Kematian :)

      Hapus
    2. 1. Karin
      2. Mengatakan 2 hari yg lalu berkemah di dekat pantai padahalsaat itu sedang ada badai
      3. おらを/orawo bila di geser 1 kotak menjadi かりん/karin
      4.kesal karna korban merebut hitoshi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[INFO] Baca Detective Conan Online Berbahasa Indonesia di mana ya?

Holaa~ Miichan balik lagi~ Kali ini, Miichan mau kasih info tentang dimana kita bisa baca komik Detective Conan Indonesia online. Mungkin sudah banyak yang tahu dan ini udah umum banget. Tapi nggak ada salahnya Miichan post. Berikut adalah 3 situs yang Miichan rekomendasikan. Pertama, di  mangacanblog.com . Di sini bukan cuma Detective Conan. Masih banyak lagi manga yang ada di sini yang dapat kita baca online. Ini adalah situs manga online yang pertama kali Miichan tahu dan pertama kali Miichan buka. Ke dua , di  komikid.com . Di sini juga cuma bukan Detective Conan, tetapi bercampur dengan yang lain. Di ke dua situs ini cukup lengkap dan chapter nya selalu diperbarui jika sudah terbit ^^ Bagi penggemar manga  yang tidak hanya suka sama Conan, mungkin lebih cocok sama dua situs di atas karena bercampur dengan manga  yang lain, juga chapter nya selalu diperbarui. Tapi bagi yang suka manga Detective Conan saja seperti Miichan, Miichan lebih suka ke  conanianscanlation.blogspot.

All About SHINICHI KUDO - Tokoh-Tokoh di Detective Conan

Ohayou   minna!!   Ketemu lagi dengan Miichan :3 Akhir-akhir ini Miichan semangat ngeblog  niih, hehe.. Di post " Belajar Bahasa Jepang bersama Miyoko ", Miichan kan pernah nyantumin bahwa Miichan suka Detective Conan, hehe.. Nah, Miichan berniat mau bikin post  demi post  tentang DC dengan lengkap :D Tokorode , di post  ini Miichan mau bahas tentang SHINICHI KUDO . ~ SHINICHI KUDO Nama Jepang : 工藤 新一  Kudō Shin'ichi Nama Inggris : Jimmy Kudo Umur : 16 - 17 tahun Tinggi / Berat : 174 cm / Tidak diketahui Tanggal lahir : 4 Mei Orangtua : Kudo Yusaku & Kudo Yukiko Profesi : Siswa SMU Teitan // Detektif Muncul pertama kali di file  1 dan episode 1 Menjadi keyhole  volume 1 dan 62 Shinichi adalah tokoh protagonis utama di Detective Conan tetapi dalam wujud Conan (meski sekali-kali muncul sebagai wujud asli). Shinichi adalah anak kelas 2 SMU Teitan. Ia terkenal karena sering membantu kepolisian Tokyo. Ia lahir dari pasangan Yusaku Kudo, seorang penulis

RSP - Sakura ~Anata ni Deaete Yokatta~ (Lirik + Terjemahan)

SAKURA ~ANATA NI DEAETE YOKATTA~ Sakura ~Syukurlah Aku Bertemu Denganmu~