Langsung ke konten utama

when i rummaged for a certification

16 Makanan-Makanan Yummy dari Negara Sakura!

Selamat sore, minna-san! Mii-chan lagi lapar nih, jadi Mii-chan mau ngepost soal makanan. Nah, makanan khas negara mana yang Mii-chan pilih? Untuk pertama-tama, Mii-chan pilih Jepang dulu yak! ^^ Selamat membaca dan menikmati!

1. Kari Jepang

Ini adalah kare Jepang khas Jepang. Kare Jepang memiliki tekstur yang lembut dan nggak terlalu pedas. Kari ini juga dijadikan makanan nasional Jepang lhoo :D Kari ini juga punya banyak variasi, seperti kari ayam, kari seafood, hingga kari sapi.

2. Nabe

Nabe ini sup kebanggaannya Jepang. Sup ini cocok banget deh dimakan saat fuyuu / musim dingin. Sup ini berbeda dengan yang lain, karena isinya unik unik seperti sayuran, kerang, kepiting, dan juga mi. Yum! Biasanya nabe ini dimasak di atas hotpot, yaitu panci berisi air panas dan kita hanya memasukan bahan-bahannya saja.



3. Okonomiyaki


Okonomiyaki adalah makanan khas Osaka, Jepang. Artinya adalah "panggang pun yang kalian suka" Makanan ini biasanya dimakan sama temen-temen atau keluarga. Cara membuat okonomiyaki ini simpel dan sederhana! Pertama buat omelet dulu, terus ditambahkan ayam, sapi, seafood, dan sayuran. Nggak cuma enak, makanan ini juga bergizi lhoo, karena banyak campuran sayur-sayuranya. Okonomiyaki sangat cocok dimakan dengan sake di Jepang.

4. Onigiri

Onigiri ini pasti udah umum didengar oleh kalangan pecinta Jepang di Indonesia. Kan banyak tuh, kalau di anime atau manga, tokoh-tokohnya memakan atau membawa onigiri sebagai bekal. Rasanya sangat enak, terus juga membuatnya simpel dan sederhana. Onigiri punya banyak rasa seperti asam, telur ikan, atau daging ikan. Biasanya, onigiri dimakan begitu saja atau pakai dimakan bumbu khusus biar lebih yummy~!

5. Ramen

Ramen juga cukup sering dibawa-bawa ke anime atau manga, jadi mungkin udah umum didengar. Ramen ini mi khas Jepang, rasanya enaaaak banget :3 Ramen ini sangat populer, banyak kedai ramen bertebaran di jalanan-jalanan Jepang.Sama seperti nabe, ramen ini cocok banget dimakan pas cuacanya lagi dingin karena kuahnya hangat dan pedas, membuat makanan jadi hangat! Ramen ini bikin kita mau makan lagi dan lagii..

6. Sushi
Nama sushi mungkin udah umum kita dengar, karena sushi ini makanan khas Jepang yang enak dan terkenal! Rasa sushi ini enak banget dan juga bergizi. Bahkan, sushi ini masuk '10 Besar Makanan Terenak di Dunia' Yum! Sushi ini dibuat dari sayatan ikan mentah, telur ikan, nasi, de el el.. Nasi sushi punya rasa asam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Biasanya, sushi disajikan dengan saus khas agar lebih nikmatt~

7. Takoyaki
 Satu lagi nihh, makanan khas osaka, takoyaki!! Takoyaki juga Mii-chan kenal karena sering ngeliat kedai kaki limanya di manga atau anime. Hampir setiap festival, perayaan, dan sejenisnya, pasti ada nih makanan ini! Takoyaki dibuat dari cumi-cumi bakar dan dipanggang seperti bakso. Bagian luarnya kelihatan crispy dan renyah, tapi di bagian dalamnya lembut dan gurih. Biasanya takoyaki dimakan dengan saus tomat dan mayones

8. Tonkatsu
Katanya, tonkatsu ini merupakan makanan zaman dahulu untuk para raja di Jepang. Tapi sekarang, makanan ini bisa dinikmati oleh siapa saja. Biasanya, tonkatsu dibuat dari daging babi yang digoreng renyah. Tapi jangan khawatir bagi yang muslim atau yang tidak mau menikmati tonkatsu dari daging babi, sekarang sudah ada tonkatsu dari daging sapi yang lebih enak. Tonkatsu setelah matang biasanya diberi parutan sawi dan wortel, lalu diberi mayones, dan diberi saus khas yang memperkuat rasa tonkatsu.

9. Yakiniku
Sebenarnya, yakiniku adalah makanan khas Korea, tetapi diadaptasi dengan bumbu khas Jepang. Artinya secara luas adalah daging yang dipanggang. Yakiniku dibuat dari daging sapi yang diiris tipis, kemudian disiram saus manis dan dipanggang. Rasanya nikmat dehh~! Sensasi makan yakiniku itu pada cara memanggang. Yakiniku biasanya disajikan di restoran dengan mengajak keluarga dan teman berkumpul dan membuat lingkaran untuk menikmati memanggang dan menyicipi kelezatan yakiniku!!

10. Yakitori
Yakitori bisa juga disebut sate Jepang karena bentuknya mirip sate versi Indonesia. Makanan ini cocok disajikan pas kita lagi hangout bareng temen-temen, saat karaoke, ataupun saat pesta. Biasanya terbuat dari daging babi, sapi, atau ayam juga ada :D Daging dipanggang hingga renyah dan dilumuri saus khusus berwarna kecoklatan. Yakitori ini sangat cocook dimakan bersama sake Jepang.

11. Oden
Menurutku penampilannya kaya bakso, cuma lebih komplit. Disajikan dalam keadaan yang masih panas dan sering kali dimakan saat musim dingin. Makanan ini terdiri dari bahan-bahan yang direbus di kuah, seperti katsuobushikombu, dan kecap asin. Bahan-bahan yang dimasukkan bisa beraneka ragam, dan tidak terbatas pada lobakkonnyakutelur rebus, dan chikuwa.

12. Shabu Shabu
Biasanya dihidangkan di panci khusus yang isinya air panas. Shabu shabu berisi daging sapi (bisa juga daging ayam, domba, ikan fugu, gurita, atau ikan kakap) tipis, sayur-sayuran, tahu, atau kuzukiri dan biasa dimakan bersama saus yang mengandung wijen. Yummy!!

13. Dorayaki
Pecinta Doraemon pasti kenal dong sama yang namanya dorayaki!!! Ternyata, dorayaki masuk ke kategori makanan tradisional Jepang, lhooo! Wah, Fujiko-san berhasil memperkenalkan kue tradisional Jepang pada seluruh masyarakat dunia melalui komik Doraemonnya. Sugoii!! Oya, dorayaki ini bentuknya bundar, berasal dari adonan madu dan direkatkan dengan selai kacang merah. It's so delicious, minna-san!

14. Sashimi
Masyarakat Jepang biasa makan makanan yang berasal dari hewan-hewan laut ini dalam keadaan mentah dengan ditambah kecap asin, parutan jahe, dan washabi. Hewan-hewan itu antara lain kerang, ikan, ataupun udang karang. Ada 3 jenis sashimi, lho, yaitu:
·        Tsugatazukuri
Potongan-potongan ikan disusun di atas tubuh ikan yang dipertahankan bentuknya mulai dari bagian kepala hingga ekor. Sashimi jenis ini kebanyakan hanya dinikmati pada kesempatan istimewa.
·        Ikezukuri
Tsugatazukuri dengan ikan hidup yang dijadikan sashimi hanya beberapa saat sebelum dihidangkan.
·        Tataki
Potongan ikan yang digarang untuk beberapa saat di atas api sehingga terlihat matang di bagian luar, segar di bagian dalam. Tataki ikan cakalang (katsuo) dimakan bersama saus ponzu, parutan bawang putih dan irisan daun bawang.

15. Teriyaki
 Bahan yang sering dipakai untuk membuat teriyaki adalah ikan salmon, tongkol, makarel, trout, dan juga marlin. Cara makannya dengan memanggangnya dan mencelupkannya ke saus teriyaki beberapa kali.

16. Mochi
Mochi ini juga sering muncul di manga atau anime. Mochi berasal dari ketan yang ditumbuk sampai lembut kemudian dibentuk bulatan kecil-kecil. Entah benar mochi atau tidak, di kantin sekolah Mii-chan, ada mochi bungkusan dijual lhoo.. Tiga mochi kecil harganya Rp500,- :D

Nahh, sekian ya "16 Makanan-Makanan Yummy dari Negara Sakura!"! Semoga bermanfaat dan kalian senang. Semoga suatu hari nanti Mii-chan bisa memakan itu semua T^T. Yap, tolong hargai artikel Mii-chan yang ini dengan komentar ya! ^^

N.B. : Untuk yang beragama Islam, jika memakan makanan di Jepang harap berhati-hati. Karena tidak jarang di Jepang banyak makanan yang berasal dari daging babi.

Komentar

  1. Izin copas yah di blog-ku. Aku sertakan sumber kok! Soalnya artikel nya bagus! Jadi kepengin ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan ^^ Tapi mohon maaf di sini tidak bisa dicopy langsung, jadi jika ingin dicopy harap tulis ulang.. Hehe ^^ Mampir lagi ya, Ayesha ^^

      Hapus
  2. Tempura...kayaknya dari jepang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[INFO] Baca Detective Conan Online Berbahasa Indonesia di mana ya?

Holaa~ Miichan balik lagi~ Kali ini, Miichan mau kasih info tentang dimana kita bisa baca komik Detective Conan Indonesia online. Mungkin sudah banyak yang tahu dan ini udah umum banget. Tapi nggak ada salahnya Miichan post. Berikut adalah 3 situs yang Miichan rekomendasikan. Pertama, di  mangacanblog.com . Di sini bukan cuma Detective Conan. Masih banyak lagi manga yang ada di sini yang dapat kita baca online. Ini adalah situs manga online yang pertama kali Miichan tahu dan pertama kali Miichan buka. Ke dua , di  komikid.com . Di sini juga cuma bukan Detective Conan, tetapi bercampur dengan yang lain. Di ke dua situs ini cukup lengkap dan chapter nya selalu diperbarui jika sudah terbit ^^ Bagi penggemar manga  yang tidak hanya suka sama Conan, mungkin lebih cocok sama dua situs di atas karena bercampur dengan manga  yang lain, juga chapter nya selalu diperbarui. Tapi bagi yang suka manga Detective Conan saja seperti Miichan, Miichan lebih suka ke  conanianscanlation.blogspot.

All About SHINICHI KUDO - Tokoh-Tokoh di Detective Conan

Ohayou   minna!!   Ketemu lagi dengan Miichan :3 Akhir-akhir ini Miichan semangat ngeblog  niih, hehe.. Di post " Belajar Bahasa Jepang bersama Miyoko ", Miichan kan pernah nyantumin bahwa Miichan suka Detective Conan, hehe.. Nah, Miichan berniat mau bikin post  demi post  tentang DC dengan lengkap :D Tokorode , di post  ini Miichan mau bahas tentang SHINICHI KUDO . ~ SHINICHI KUDO Nama Jepang : 工藤 新一  Kudō Shin'ichi Nama Inggris : Jimmy Kudo Umur : 16 - 17 tahun Tinggi / Berat : 174 cm / Tidak diketahui Tanggal lahir : 4 Mei Orangtua : Kudo Yusaku & Kudo Yukiko Profesi : Siswa SMU Teitan // Detektif Muncul pertama kali di file  1 dan episode 1 Menjadi keyhole  volume 1 dan 62 Shinichi adalah tokoh protagonis utama di Detective Conan tetapi dalam wujud Conan (meski sekali-kali muncul sebagai wujud asli). Shinichi adalah anak kelas 2 SMU Teitan. Ia terkenal karena sering membantu kepolisian Tokyo. Ia lahir dari pasangan Yusaku Kudo, seorang penulis

RSP - Sakura ~Anata ni Deaete Yokatta~ (Lirik + Terjemahan)

SAKURA ~ANATA NI DEAETE YOKATTA~ Sakura ~Syukurlah Aku Bertemu Denganmu~