Selasa, 31 Desember 2013

Kasus Detektif - Dimanakah Letak BOM?!

Ohayou minnasan. Ogenki desu ka. Kali ini, Miichan mau ngepost teka-teki kasus. Semoga suka dan bisa jawab ya.

Tipe Case : Easy

Suatu pagi, detektif bernama Detektif Miichan sedang menikmati pagi harinya sambil membaca komik di balkon belakang. Kemudian, terdengar suara ketukan pintu dan Detektif Miichan lekas membuka pintunya. Ternyata itu adalah Pak Walikota. Kemudian, inilah percakapannya.

W : Detektif, hari ini ada surat aneh yang berisi ancaman sampai di rumahku.
D : Oh ya? Coba, saya mau lihat!
W : Ini (memberikan surat). Oh ya, sejak dua tahun yang lalu, surat ini selalu datang pada tanggal yang sama. Dan kemudian terjadi pemboman di kota ini. Sepertinya, ini surat ancaman bom lagi.
D : Hm hmm.. (sambil membaca)

"Malaikat pencabut nyawa menyiapkan pedangnya dan menunggu angin akan berhembus ke arah utara. 41-1-31-1-02-1-02-51-11, kau mungkin akan terpaku pada tempat di mana berkumpulnya barang-barang yang kau anggap tak penting, di mana di situlah pusat permasalahannya!" 

W : Detektif?
D : Siapkan mobilmu
W : Apa?
D : Panggil penjinak bom, kita ke tempat bom itu sekarang. Sebelum terlambat!

Pertanyaannya :
1. Di manakah letak bom tersebut?
2. Kapan bom tersebut akan meledak?

Nah, Miichan tunggu jawabannya di kolom komentar ya! ^^

-Update-
Kunci jawaban lihat di sini (^^)

Jumat, 27 Desember 2013

Cara Mengetahui Stalker Kita di Twitter

Ohayou minna-san. Ogenki desu ka. Miichan mau bawa informasi tentang "Cara Mengetahui Stalker Kita di Twitter". Apa itu stalk? Stalk itu kalau di Bahasa Indonesia seperti penguntit atau yang diam-diam sering melihat akun kita. Langsung aja lihat caranya ya :3

1. Klik ini
2. Klik tulisan "Sign in with twitter" yang ada di bagian atas, yang ada logo twitter di sebelah kanannya, yang berwarna hijau-kebiruan
3. Terus kamu tulis username dan passwordnya, klik authorize app
4. Kalau udah masuk, kamu tulis username kamu (contoh : Zahra_AnnisaF12) di kolom bagian atas di sebelah tulisan tweepsect. Lalu klik enlighten me
5. Nah, akan keluar deh nama-namanya.

Sekalian, Miichan kasih info ya.

Mutual itu berarti orang yang kamu stalk dan di juga ngestalk kamu. Berarti, saling ngestalk
Stalking itu berarti orang yang kita stalk tapi dia nggak ngestalk kita
Stalker itu berarti orang yang ngestalk kita tapi kita nggak ngestalk dia.

Nah, sekian, semoga bermanfaat.
Tinggalkan jejak di kolom komentar atau chat box, arigatou sudah berkunjung!

Kamis, 26 Desember 2013

Galeri Detective Conan #2

Ohayouu, minna-san :) Pada pagi hari ini, Miichan mau share Galeri Detective Conan part #2nya. Kalau belum lihat yang part #1, di sini nih >> Galeri Detective Conan #1 ^^ Sore o konomu negatte imasu (Semoga kamu suka)!!

Gyaa, Shinichi ga tottemo kawaii desu yo! Mungkin Miichan tau kenapa banyak yang ngefans sama Shinichi-kun ;-;

Ini adegan pas Ai dan Conan mengejar Pisco a.k.a salah satu anggota BO yang akhirnya ditembak mati oleh Gin juga. Mereka berdua sama-sama kawaii ya ><

Pembajakan bus! Bomnya akan meledak! Orang-orang berlari keluar ketakutan, sementara Ai diam saja di dalam bus. Ia berpikir bahwa dia bodoh. Karena sejak dia mengkhianati organisasi, dia merasa tak ada tempat untuknya. Tapi Conan menyelamatkannya di saat terakhir sampai berdarah!! >w<

Nah, di sini adegan yang Miichan cari-cari di komik, dan ada di vol. 71/72. Conan dan Ran pergi ke London, tapi Conan ketahuan sebagai Shinichi ada di London. Dan, terpaksa Conan jadi Shinichi dan.. ><

Ini adalah episode yang pertama kali Miichan baca dari komik punya temen. Hayoo, Conan ngesave apa itu O.o

Pasangan Kudo pas masih muda. Yusaku sebagai novelis misteri bestseller dan Yukiko sebagai mantan aktris terkenal.

Klopnya ya! *shissin*

Shuichi Akai, keren ya! >< Ini pacarnya Akemi Miyano, kakaknya Shiho. Juga kakaknya Masumi Sera. Dia jadi Subaru, keren banget ><


Sekian ya minna-san, kapan-kapan Miichan post lagi ^^ Ja nee :)
Harap tinggalkan jejakmu. Di kolom komentar boleh, di chat box boleh. Arigatou sudah berkunjung!

Selasa, 24 Desember 2013

16 Makanan-Makanan Yummy dari Negara Sakura!

Selamat sore, minna-san! Mii-chan lagi lapar nih, jadi Mii-chan mau ngepost soal makanan. Nah, makanan khas negara mana yang Mii-chan pilih? Untuk pertama-tama, Mii-chan pilih Jepang dulu yak! ^^ Selamat membaca dan menikmati!

1. Kari Jepang

Ini adalah kare Jepang khas Jepang. Kare Jepang memiliki tekstur yang lembut dan nggak terlalu pedas. Kari ini juga dijadikan makanan nasional Jepang lhoo :D Kari ini juga punya banyak variasi, seperti kari ayam, kari seafood, hingga kari sapi.

2. Nabe

Nabe ini sup kebanggaannya Jepang. Sup ini cocok banget deh dimakan saat fuyuu / musim dingin. Sup ini berbeda dengan yang lain, karena isinya unik unik seperti sayuran, kerang, kepiting, dan juga mi. Yum! Biasanya nabe ini dimasak di atas hotpot, yaitu panci berisi air panas dan kita hanya memasukan bahan-bahannya saja.



3. Okonomiyaki


Okonomiyaki adalah makanan khas Osaka, Jepang. Artinya adalah "panggang pun yang kalian suka" Makanan ini biasanya dimakan sama temen-temen atau keluarga. Cara membuat okonomiyaki ini simpel dan sederhana! Pertama buat omelet dulu, terus ditambahkan ayam, sapi, seafood, dan sayuran. Nggak cuma enak, makanan ini juga bergizi lhoo, karena banyak campuran sayur-sayuranya. Okonomiyaki sangat cocok dimakan dengan sake di Jepang.

4. Onigiri

Onigiri ini pasti udah umum didengar oleh kalangan pecinta Jepang di Indonesia. Kan banyak tuh, kalau di anime atau manga, tokoh-tokohnya memakan atau membawa onigiri sebagai bekal. Rasanya sangat enak, terus juga membuatnya simpel dan sederhana. Onigiri punya banyak rasa seperti asam, telur ikan, atau daging ikan. Biasanya, onigiri dimakan begitu saja atau pakai dimakan bumbu khusus biar lebih yummy~!

5. Ramen

Ramen juga cukup sering dibawa-bawa ke anime atau manga, jadi mungkin udah umum didengar. Ramen ini mi khas Jepang, rasanya enaaaak banget :3 Ramen ini sangat populer, banyak kedai ramen bertebaran di jalanan-jalanan Jepang.Sama seperti nabe, ramen ini cocok banget dimakan pas cuacanya lagi dingin karena kuahnya hangat dan pedas, membuat makanan jadi hangat! Ramen ini bikin kita mau makan lagi dan lagii..

6. Sushi
Nama sushi mungkin udah umum kita dengar, karena sushi ini makanan khas Jepang yang enak dan terkenal! Rasa sushi ini enak banget dan juga bergizi. Bahkan, sushi ini masuk '10 Besar Makanan Terenak di Dunia' Yum! Sushi ini dibuat dari sayatan ikan mentah, telur ikan, nasi, de el el.. Nasi sushi punya rasa asam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Biasanya, sushi disajikan dengan saus khas agar lebih nikmatt~

Cara Membuat Gambar Membesar Ketika Tersentuh Cursor

Konnichiwa minna-san, ogenki desu ka. Miichan comeback, hehe :D

Miichan mau bahas cara agar gambar yang disentuh kursor bisa membesar di blog kamu ^w^ Mau coba? Coba sentuh gambar di bawah ini, pasti membesar kan :D
Mungkin udah umum dan udah banyak yang bisa, tapi nggak salah kan Miichan post di sini? Kore o chekku minnasan ^w^

1. Pastinya masuk ke akun google kalian dulu, lalu ke blogger.com
2. Ke template >> edit html
3. Cari kode ]]></b:skin> . Kalau susah, klik Ctrl + F pada keyboard, terus cari kode tersebut.
4. Kalau udah ketemu, taruh kode yang ada di sini di atas kode ]]></b:skin>.
5. Klik simpan dan coba cek di blogmu

Bagaimana? Semoga bermanfaat ya! Harap tinggalkan jejakmu ^w^
Sumber : http://www.wapskin.us

Daftar Terbit Komik Detective Conan Terbaru di Berbagai Negara

Ohayou minna ^w^ Miichan balik bawa-bawa hawa-hawa Detective Conan xD Jadi, Detective Conan itu udah tersebar ke mana-mana. Ke Asia, Eropa, sampai ke Amerika lhoo, hebat kan! :D Ini daftarnya. Mungkin ada beberapa yang kurang lengkap, masih ada yang salah, dan sebagainya. Tapi, semoga kalian suka!

Note :
  • "Nomor volume :: Negara ([jika ada]Bahasa) :: Tanggal terbit"
  • Diurut berdasar volume terbaru
Volume 85 Jepang ??**
Volume 84 Jepang 18 Juli 2014
Volume 82 Korea -
Volume 81 Vietnam 27 Juli 2014
Volume 81 China     -
Volume 81 Taiwan -
Volume 80 Italia 7 Agustus 2014
Volume 80 Jerman 3 Juli 2014
Volume 78 Indonesia 19 Juni 2014
Volume 78 Malaysia (Malaysia) xx Desember 2013
Volume 78 Hongkong -
Volume 77 Malaysia (China) -
Volume 73 Finlandia                   26 September 2012
Volume 72 Perancis                   7 Juni 2013
Volume 72 Singapura (China) -
Volume 72 Thailand                 -
Volume 63 Swedia                   -
Volume 50 Amerika & Kanada 8 April 2014
Volume 31 Norwegia               -
Volume 13 Belanda                 1 September 2010
Volume 08 Catalan                   xx Juli 2008
Volume 03 Singapura (Inggris)* 24 Juli 2014
Volume 02 Spanyol               xx Juni 1998 / xx September 2004
*volume berisi chapter yang berbeda dari biasanya
**volume belum terbit


Nah, semoga bermanfaat dan suka ya! :D Harap tinggalkan jejakmu di kolom komentar! >w<
Sumber : detectiveconanworld.com

Publish on 24/12/13
Update on 21/08/14

Sabtu, 14 Desember 2013

Galeri Detective Conan #1

Konban wa minna-san. Ogenki desu ka. Di malam hari dengan rembulan yang bersinar cerah inii #apasih, Mii-chan mau ngepost foto tokoh-tokoh di Detective Conan part 1 ^^ Kore o chekku, minna-san!


Ini adalah episode di mana pesepak bola favorit Shinichi, Ray Curtis ternyata adalah pelaku dari kasus pembunuhan. Di sini Shinichi sakit hati lhoo.. xD (fanpop.com)


Ini episode saat Detektif Cilik nonton film Kamen Yaiba di bioskop yang niatnya mau dihancurin. Dan mereka nonton Kamen Yaiba niatnya selama 6 jam!! *0* Dan di sinilah Ayumi dan Ai sampai ketiduran xD Hahaha, cciye aja deh buat Cona ^w^ (1080panimewallpapers.com)

Hahaha, ekspresi Inspektur Megure -_-v Ini episode ketika Ran lagi main drama di sekolahnya, terus yang jadi pangerannya itu harusnya Dr. Araide, tetapi ternyata.. xD Dan kasus di sini dipecahkan oleh Shinichi! ^^ (site.gilanifoundation.com)

Wkwkwk, di sini kesannya Genta nggak sopan ya?? xD Mii-chan langsung ngakak xD (youwebsite.web.id)

Mukanya Conan (-0-) (fanpop.com)

Wahahaha, Shinichi iseng ya sama Ran -_- (fanpop.com)

Ini yang pas Ai kabur dari sekapan BO dan ke tempat Shinichi, dan akhirnya di temukan Profesor Agasa di tengah hujan..

Ini episode dimana Conan menemukan apa yang disembunyikan Akemi di rumah siapa gitu, Mii-chan lupa --" Isinya ternyata ucapan-ucapan lembut dari Ibunya buat Shiho / Sherry / Ai :') (fanpop.com)

Kakaknya Mitsuhiko. Malah kesenengan pas Conan bilang Mitsuhiko hilang. Dia bilang, "Wah, seperti di drama saja!" --" Adenya ilang malah seneng (detectiveconan.wikia.com)

Ini cover episode di mana ada kasus Conan, Professor Agasa, Genta, dan Mitsuhiko hilang. Lalu, Ai masuk ke dalam menara untuk mencari tahu dan menyuruh Ai menunggu. Ayumi pun menghitung sampai 300 dan akhirnya dia sendirian. Bagaimanakah keadaan Ayumi?? Hehe, malah ngasih sinopsis -_- (blog.zing.vn)

Wkwkwk.. Ai lumayan serem dari samping, tapi Ayumi nggak kalah serem + aneh.. xD (i.ntere.st)


Aaah, Shinichi imut-imut yachh!! Tottemo kawaii~! (bahrudin-group.blogspot.com)

Daaan ternyata sosok yang seolah ingin membunuh Conan di volume 6 adalah ... ??? Kudo Yusaku menjahili Conan, bersama Yukiko dan Professor Agasa -_- (theblackorganization.forumotion.com)

Hahahaha, ini Eri dan Kogoro waktu masih sekolah. Perbedaannya jauh banget yak. Satu rajin satu berandalan xD (detectiveconan.wikia.com)

Dan ini episode di mana Eri dimanfaatkan oleh salon tersebut. Di episode ini, rencananya Kogoro mau menjemput Eri lhoo.. Hehe, tapi tetap aja adu mulut -_- (www.detectiveconanworld.com)

Nahh, 15 dulu ya minna-san! Part 2nya akan dipublish kapan-kapan ya ^^ Semoga suka dan bermanfaat. Tinggalkan jejaknya ya!! Jaa ne!!

Tahapan Membuat Entri Blog

Sore, minna-san. Kali ini, Mii-chan mau bikin entri lanjutan dari tahapan membuat blog. Tentu kalau setelah kita membuat blog, kita pasti akan bikin entri atau ngepost kan? Ini dia tahapannya :)

  1. Masuk ke akun google kamu terlebih dahulu.
  2. Masuk ke http://www.blogger.com/home.
  3. Klik yang dilingkari.

  4. Pilih fitur yang kamu butuhkan selama kamu menulis entri.
  5. Klik "Publikasikan" jika dirasa sudah layak dipos.
    Klik "Simpan" jika belum selesai dan mau disimpan dulu untuk dilanjutkan nanti.
    Klik "Pratinjau" jika mau melihat sebelum dipublikasikan.
    Klik "Tutup" jika sudah selesai dan pastikan sudah disimpan.




Kalau mau ngelanjutin entri yang udah jadi draf atau yang disimpan, begini caranya:


  1. Masuk ke www.blogger.com.
  2. Klik yang dilingkari.

  3. Klik "Draf".

  4. Pilih draf yang ingin kamu lanjutkan dan klik "Edit".

  5. Lanjutkan seperti biasa.

Naah, sekian dan semoga bermanfaat ya. Maaf jika ada kekurangan. Arigatou sudah berkunjung. Harap meninggalkan jejak!! ^^

AKB48 Shoujotachi yo (Romaji + Terjemahan)

Moshimoshi minna. Ogenki desu ka?

Pada pagi hari menjelang siang ini (?), Miichan mau pos lagu AKB48 judulnya Shoujotachi yo sekaligus terjemahannya yang Miichan terjemahkan sendiri. Lagunya ini enak, terus maknanya juga bagus lhoo ^^

(sumber romaji : http://stage48.net/studio48/shoujotachiyo.html)


SHOUJOTACHI YO
Gadis-Gadis

Sora ni chira batta hoshi no
Dore ga ichiban ni kagayaku no darou
Kikaretemo
- Di antara bintang-bintang yang tersebar di langit
- Manakah yang cahayanya paling terang?
- [Meskipun pertanyaan itu] didengar

Tahapan Membuat Blog

Ohayou minna. Di pagi hari ini, Miichan mau memberi tahu cara membuat blog. Mungkin cara ini sudah banyak yang ngepost, tapi tak ada salahnya juga kan Miichan pos di blog Miichan? Kore o chekku!

  1. Pastikan kamu punya akun google. Jika belum, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.
  2. Masuklah ke http://www.blogger.com/.
  3. Klik tulisan "Blog baru"

  4. Jika gambar seperti ini sudah muncul, isilah kolom yang tersedia sesuai keinginan kalian!

                          
  5. Klik tulisan "Buat Blog!" yang ada di bawahnya!
  6. Desainlah blog kamu dengan mengintip beberapa tutorialnya dari sini!
  7. Yang pasti, jangan lupa ngeblog secara rutin, ya ~
Sekian, semoga bermanfaat. Ini gambar dan tahapannya dari Miichan asli, sumbernya dari pengalaman. Selamat ngeblog, arigatou sudah berkunjung! Kritik saran ditunggu, kolom komentar tersedia. Gomen ne bila ada kekurangan. Harap meninggalkan jejakmu~! ^^

Jumat, 13 Desember 2013

Belajar Bahasa Jepang Bersama Miyoko Chan - Kata Ganti Orang ke 1

Konban wa minna-san.. Pada malam hari ini, Miichan mau ngepost tentang kata ganti orang ke 1, yaitu 'aku'. Kore o chekku!!

Urutan sesuai tingkat keformalannya adalah :
  1. Watakushi / Atakushi (sangat sopan)
  2. Watashi / Washi / Ware (sopan dan umum juga digunakan)
  3. Boku / Atashi (informal, sering digunakan untuk pembicaraan sehari-hari)
  4. Ore (sangat informal)
Kita bahas satu-satu yaa..

Watakushi / 私 / わたくし Kata ganti ini sangat formal, kalau di Indonesia mungkin ini sama dengan 'saya' tetapi lebih sopan lagi. Biasanya diucapkan oleh orang yang memiliki kedudukan sosial yang tinggi di masyarakat. Watakushi ini versi formal dari watashi dan umum digunakan oleh cowok maupun cewek.

Sementara itu, Atakushi / あたくし setara dengan watakushi hanya saja lebih feminin. Ini merupakan versi formal dari atashi. Umumnya digunakan oleh cewek. Miichan juga nggak tahu sih, ada nggak cowok yang ngomong atakushi atau atashi xD

Watashi / 私 わたし Kurang lebih artinya sama dengan 'saya' dalam Bahasa Indonesia. Ini adalah kata ganti orang pertama yang paling sering kita dengar. Bisa digunakan oleh cewek ataupun cowok. Ini bisa diucapkan dalam keadaan formal ataupun informal. Ware  / われ kurang lebih juga penggunaannya sama dengan watashi tetapi mungkin lebih umum pengucapan watashi dibanding ware, menurut Miichan .-.

Washi / わし juga kurang lebih artinya sama dengan 'saya' dan penggunaannya dalam kondisi yang sama juga. Tetapi umumnya ini digunakan oleh orang yang lebih tua.

Boku / 僕 / ぼく ini kurang lebih artinya sama seperti 'aku' dalam Bahasa Indonesia. Umumnya digunakan oleh cowok, tetapi mungkin ada pula cewek yang mengucapkan boku. Misalnya cewek tomboi. Oya, ini digunakan dalam situasi informal. Misalnya ngobrol dengan teman akrab. Sementara Atashi / あたし mungkin situasi penggunaannya mirip dengan boku, tetapi atashi adalah versi 'cewek' dari watashi dan ini lebih informal juga.

Terakhir adalah Ore / 俺 / おれ  yang kurang lebih artinya dalam Bahasa Indonesia adalah 'Gue'. Ini sangat informal jadi jangan mengucapkan aku pakai kata ini dalam situasi formal! Digunakan oleh cowok. Ini lebih kasar dari boku dan berkesan meninggikan diri sendiri. Shinichi dalam Detective Conan sering menggunakan kata ore jika berbicara, sementara Conan menggunakan boku.

*** ^^ ***
Hanya segitu yang Mii-chan tau dan punya, minna. Semoga bermanfaat ya. Maaf jika ada kekurangan, kritik dan saran ditunggu di kolom komentar. Arigaou gozaimasu minna-san!!!

Sumber : http://sora9n.wordpress.com/2007/11/21/kata-ganti-orang-pertama-dan-kedua-dalam-bahasa-jepang/

Kamis, 12 Desember 2013

All About SHINICHI KUDO - Tokoh-Tokoh di Detective Conan

Ohayou minna!! 
Ketemu lagi dengan Miichan :3 Akhir-akhir ini Miichan semangat ngeblog niih, hehe..

Di post "Belajar Bahasa Jepang bersama Miyoko", Miichan kan pernah nyantumin bahwa Miichan suka Detective Conan, hehe.. Nah, Miichan berniat mau bikin post demi post tentang DC dengan lengkap :D

Tokorode, di post ini Miichan mau bahas tentang SHINICHI KUDO.



~ SHINICHI KUDO
  • Nama Jepang : 工藤 新一 Kudō Shin'ichi
  • Nama Inggris : Jimmy Kudo
  • Umur : 16 - 17 tahun
  • Tinggi / Berat : 174 cm / Tidak diketahui
  • Tanggal lahir : 4 Mei
  • Orangtua : Kudo Yusaku & Kudo Yukiko
  • Profesi : Siswa SMU Teitan // Detektif
  • Muncul pertama kali di file 1 dan episode 1
  • Menjadi keyhole volume 1 dan 62
Shinichi adalah tokoh protagonis utama di Detective Conan tetapi dalam wujud Conan (meski sekali-kali muncul sebagai wujud asli). Shinichi adalah anak kelas 2 SMU Teitan. Ia terkenal karena sering membantu kepolisian Tokyo. Ia lahir dari pasangan Yusaku Kudo, seorang penulis misteri, dan Yukiko Kudo, seorang mantan aktris terkenal.

Latar Belakang
Suatu hari, Shinichi mengajak Ran kencan ke Tropical Land. Mereka terlibat kasus di Roller Coaster. Di situlah Shinichi pertama kali bertemu dengan Gin dan Vodka. Kemudian merasa ada aura aneh, setelah menyelesaikan kasus itu, Shinichi membuntuti mereka. Ternyata mereka melakukan perdagangan terlarang (?), tetapi ketahuan Shinichi oleh Gin sehingga ia dipukul dari belakang dan pingsan. Mereka meminumkan suatu obat dengan  maksud untuk membunuh Shinichi, tetapi efek  obat itu tidak sampai ke tahap 'kematian'. Tubuh Shinichi mengecil seperti anak 6 tahun. Sejak hari itu, ia menjalani hari-hari menjadi Conan Edogawa, detektif cilik sekaligus pengejar jejak Organisasi Hitam yang membuatnya mengecil.

Rabu, 11 Desember 2013

Belajar Bahasa Jepang Bersama Miyoko Chan #1 - Perkenalan

Kon'nichiwa minna!!! 
Ogenki desu ka? 

Waah, Miichan sudah balik nih ^w^ 
Kali ini, Miichan mau ngepost tentang "Perkenalan Dalam Bahasa Jepang". Sebenarnya ini adalah bahan Miichan buat ngurus ekskul Study Club / ekskul bahasa jurusan Jepang di sekolah Miichan. Ya, sekalian saja Miichan berbagi ilmu buat minna ^^

-Jiko Shoukai / Perkenalan Diri-

Diawali dengan kata Hajimemashite’ / ‘はじめまして lalu menyebutkan nama dan diakhiri dengan salam penutup dan ojigi. Seperti inilah kira-kira contohnya :

  • Hajimemashite  / はじめまして
    'Salam kenal’ 
    Selalu disebutkan di awal.
  • Watashi wa Miichan desu / 私はみいちゃんです
    ‘Saya adalah Miichan’
    1. Watashi / 
    Sebagai kata ganti orang pertama.
    Umumnya digunakan 'watashi', tapi lebih lengkapnya lihat di simi
    2. Mii-chan /みいちゃん
    Sebuah nama yang menjadi subjek yang memperkenalkan diri
    3. Desu / です
    Desu dibaca ‘des’. Tidak memiliki arti, tetapi sangat besar pengaruhnya pada percakapan sehari-hari, seperti menandakan kesopanan dan sebagainya. Untuk lebih lanjutnya akan dipelajari nanti.

  • Yoroshiku onegai shimasu / よろしくお願いします
    ‘Senang berkenalan denganmu’
    Disebutkan sebagai penutup.

  • Ojigi / お辞儀
    Ini bukan ucapan, melainkan adalah hormat ala Jepang dengan cara menundukkan badan.
Maka jika kita gabungkan: “Hajimemashite, watashi wa Mii-chan desu. Yoroshiku onegai shimasu,” dan dijawab, "Yoroshiku onegai shimasu"


Pada perkenalan nama dan salam penutup, ada pula bentuk yang lebih informal seperti :
  • Miichan desu / (saya) Miichan みいちゃんです
  • Dozo yoroshiku / Salam kenal どぞよろしく
  • Yoroshiku / Salam kenal よろしく
Selain contoh di atas, bisa juga kita tambahkan informasi lain. Seperti nama panggilan (jika kalian menyebutkan ... desu dengan nama lengkap), asal, umur, tempat tinggal, kesukaan, dll.. Berikut kira-kira bentuk kalimat dari informasi tambahannya :
  • ...kara kimashita / 。。。から着ました
Aku berasal dari ... (asal negara)
Contoh : Aku berasal dari Indonesia / Indoneshia kara kimashitaインドネシアから来ました
  • ...-sai desu / 。。。才です
Umurku ... tahun
Contoh : Umurku 11 tahun / 11-sai desu / 11才です
  • ... ni sunde imasu / 。。。にすんでいます
Aku tinggal di ...
Contoh : Aku tinggal di Taman Kota / Taman Kota ni sunde imasu / タマンコタにすんでいます
  • ... de gakkouniiku desu / 。。。で学校に行くです
Aku bersekolah di ...
Contoh : Aku bersekolah di SMP 1 Bekasi / Bekasi no 1 no chuugakkou de gakkouniiku desu / ベカシの1の中学校で学校に行くです
  • ... o yamu koto desu / お読むことです
Hobiku adalah ...
Contoh : Hobiku adalah membaca komik / shumi wa manga o yomu koto desu / 趣味は漫画を読むことです
  • ... ga daisuki, mo ... ga daisuki desu / 。。。が大好き、も。。。が大好きです
Aku suka ... dan juga ...
Contoh : Aku suka Detektif Conan dan juga AKB48 / Meitanteikonan ga daisuki, mo AKB48 ga daisuki desu / 私は名探偵コナンがだいすき、もAKB48が大好きです

  • dan sebagainya

Tinggal digabungkan saja ya. Jika ada yang ingin ditanya, silakan melalui kolom komentar. Mohon koreksi jika ada kesalahan karena Miichan juga masih pemula. Semoga bermanfaat! (^  ^)

Selasa, 10 Desember 2013

Beberapa Materi Pramuka







Konban wa minna. Ini siapa tahu ada yang butuh materi pramuka, ada beberapa materi yang Mii-chan punya di sini. Siapa tahu ada yang butuh? ^^ Ini berdasarkan warna juga, semoga bermanfaat. Maaf jika ada yang berantakan atau belum jelas, soalnya langsung Mii-chan copypaste dari file word Mii-chan. Maaf ya, tidak ada sandi di sini soalnya tadi Mii-chan mau post cuma tidak terlihat. Selamat membaca! ^^



Pramuka
Sejarah Pramuka Sejarah Baden Powell Dasadharma Trisatya P3K Jambore Nasional 

SEJARAH PRAMUKA
Ø  Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana
(Orang muda yang suka berkarya)
Ø  Meliputi :
1.     Pramuka Siaga (7 – 10 tahun)
2.    Pramuka Penggalang (11 – 15 tahun)
3.    Pramuka Penegak (16 – 20 tahun)
4.    Pramuka Pandega (21 – 25 tahun)
5.    DLL : Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir, Majelis Pembimbing
Ø  Lahir pada 14 Agustus 1961 (14/8/61)
Ø  Bertujuan untuk membentuk pramuka menjadi pribadi yang bersifat dan berperilaku baik kepada Tuhan YME, NKRI, masyarakat, dan alam sekitar.
Ø  Bapak Pramuka Indonesia adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX
Ø  Bapak Pandu Indonesia adalah K. H. Agus Salim
Ø  Sistem Among adalah cara pelaksanaan pendidikan dalam gerakan pramuka
Ø  Ada 8 SAKA (satuan karya pramuka) dalam gerakan Pramuka :
SAKA Bahari
Bidang Kelautan
SAKA Bakti Husada
Bidang Kesehatan
SAKA Bhayangkara
Bidang Kepolisian
SAKA Dirgantara
Bidang Keudaraan
SAKA Kencana
Bidang Kependudukan
SAKA Taruna Bumi
Bidang Pertanian
SAKA Wara Bakti
Bidang Kehutanan
SAKA Wirakartina
Bidang Belanegara



Sejarah Baden Powell
Ø  Nama lengkapnya Robert Stephenson Smyth Powell
Ø  Nama akrabnya Stephe Powell
Ø  Julukannya “Impeesa(Serigala yang tidak pernah tidur)
Ø  Lahir pada 22 Februari 1857 di Paddington, London, Inggris
Ø  Ayahnya Prof. Domine Baden Powell
Ø  Ibunya Henrietta Grace Smyth
Ø  Istrinya Olave St. Clair Soames (Lady Baden Powell)
Ø  Anak-anaknya :
-      Arthur Robert Peter / Peter (13/62)
Kemudian ia menjadi 2nd Baron Baden Powell
-      Heather Grace / Heather (15/86)
Mendapat gelar Hon. Heather Baden-Powell






-      Betty (17-04)
Mendapat gelar Hon. Betty Baden-Powell
Ø  Pernah ke Indonesia pada 3 Desember 1934
Ø  Meninggal pada 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya


Dasadharma Pramuka
Pramuka itu :
1)    Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2)   Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3)   Patriot yang sopan dan ksatria
4)   Patuh dan suka bermusyawarah
5)   Rela menolong dan tabah
6)   Rajin, trampil, dan gembira
7)   Hemat, cermat, dan bersahaja
8)   Disiplin, berani, dan setia
9)   Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10)  Suci dalan pikiran, perkataan, dan perbuatan

Trisatya Pramuka (Janji Pramuka)
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
-      Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjalankan Pancasila
-      Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masayarakat
-      Menepati Dasadharma
P3K / Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
Ø  Definisi P3K adalah upaya pertolongan dan perawatan sementara
terhadap korban sebelum mendapat pertolongan yang lebih sempurna dari dokter atau paramedik
Ø  Tujuannya :
-      Mencegah bahaya cacat dan kematian
-      Meringankan penderitaan korban
-      Mencegah keadaan semakin buruk
Ø  Prinsip
-      Bersikap tenang
-      Gunakan mata dengan jeli, berani & tega-an
-      Lakukan gerakan tangkas dan tepat
-      Perhatikan keadaan sekitar
-      Perhatikan keadaan korban
-      Periksa pernafasan & nadi korban
-      Sementara menolong, hubungi pihak paramedik

Jambore Nasional
Ø  Adalah pertemuan pramuka penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional.
Ø  Kegiatannya antara lain perkemahan, scouting skill, pendidikan & senbud
Ø  Pelaksanaannya
No
Tempat
Tanggal
1
Situ Baru, JKT
1973
2
Sibolangit, Sumut
1 – 20 Juli 1977
3
Cibubur, JKT
18 – 25 Juni 1981
4
Cibubur, JKT
21 – 28 Juni 1986
5
Cibubur, JKT
15 -22 Juni 1991
6
Cibubur, JKT
26/06 – 4/07 1996
7
Baturaden, Jateng
3 – 12 Juli 2001
8
Jatinangor, Jabar
26/06 – 4/07 2006
9
Danau Teluk Gelam
Kab. Ogan Komering Ilir Sumsel
2 – 9 Juli 2011



Maaf ya minna kalau berantakan *menunduk*
Semoga bermanfaat, Mii-chan hanya ngeshare informasi dan ilmu yang Mii-chan punya untuk sesama ^^
Masih membutuhkan krisar, Mii-chan menunggunya! ^^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...